Cek Fakta! Bill Gates Menghasilkan Uang 200 Miliar Dolar AS dari Pengembangan Vaksin, Benarkah ?

- 25 September 2020, 20:22 WIB
Bos Microsoft Bill Gates memprediksi pandemi Corona baru akan berakhir tahun 2021 mendatang /ISTIMEWA/DENPASAR UPDATE


JURNAL PRESISI – Beredar di media sosial sebuah tayangan video yang memuat narasi jika pendiri Microsoft Bill Gates disebut menghasilkan $ 200 miliar dari investasi yayasan amal di bidang vaksin dalam.

Video yang beredar luas di facebook dan telah ditonton ribuan kali oleh pengguna aplikasi tersebut merupakan sesi wawancara yang dilakukan oleh jurnalis CNBC, Becky Quich pada 23 Januari 2019.

Saat itu Bill Gates sedang membahas manfaat ekonomi dari berbagai tahap pengembangan vaksin. Namun terdapat kejanggalan dalam tayangan video tersebut karena ada upaya editing yang menyebabkan keterangan Bill Gates menjadi terpotong .

Baca Juga: Dianggap Menampilkan Gambar Tak Pantas, Luhut Pandjaitan Sebut Najwa Shihab Lakukan Provokasi

Penjelasan

Melansir dari AFP Fast Check, dalam video yang berdurasi 26 detik itu dipotong dari wawancara TV yang sangat panjang.

Pada saat itu, Gates membahas mengenai perkiraan manfaat sosial dan ekonomi global dan investasi yayasan yang sebesar $ 10 miliar.

Selama wawancara, Gates tidak menyebutkan keuntungan pribadinya, melainkan membahas manfaat sosial dan ekonomi yang dihasilkan oleh investasi yayasan amalnya dalam vaksin.

Yayasan Bill & Melinda Gates telah mengumpulkan miliaran dolar untuk membuat vaksin melawan penyakit seperti polio, HIV dan malaria. Pada bulan Juni, mereka menjanjikan $ 7,4 miliar kepada aliansi vaksin global Gavi untuk membantu program imunisasi yang terganggu oleh pandemi virus corona.

Baca Juga: Gawat! Ternyata Indonesia Sudah Memasuki Resesi Saat Ini, Bagaimana Bisa ?

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: AFP Fact Check


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X