Laos Adakan Pemilu, Tak Ada Pilihan Selain Partai Petahana

- 22 Februari 2021, 17:43 WIB
Ilustrasi pemilu. /Pexels

 

JURNAL PRESISI - Laos akan adakan pemilihan umum pada Minggu, 21 Februari 2021 untuk memilih anggota Majelis Nasional maupun lokalnya. Laos terakhir kali mengadakan pemilihan umum pada Maret 2016 lalu.

Melansir dari The Diplomat, akan ada 224 calon yang bersaing untuk 164 kursi Majelis Nasional dan 789 kandidat yang bertarung untuk 492 kursi di Dewan Rakyat Laos. Nantinya Majelis Nasional akan memilih siapa yang akan menjadi presiden yang nantinya akan memilih perdana menteri.

Meskipun jumlah pemilih di Laos tinggi, tapi tidak ada partai lain selain Partai Revolusioner Rakyat Laos (PRRL), sehingga persaingan bukan antar partai seperti negara multi-partai, melainkan antar-individu yang dicalonkan oleh satu partai dominan.

Baca Juga: Pangdam IX Udayana dan Shopee Indonesia Bantu Tuntaskan Krisis Air Bersih di NTT

Laos memang penganut sistem partai tunggal dominan yang mana PRRL adalah "nukleus utama" dari sistem politik negara Asia Tenggara itu.

Sebelumnya, 144 dari 149 kursi dari Majelis Nasional diduduki oleh anggota PRRL sementara sisanya adalah calon "independen."

Meskipun kelima orang ini bukan anggota PRRL, namun mereka disetujui dalam pemilihan melalui Front Laos untuk Konstruksi Nasional (FLKN) yang berafiliasi kepada pemerintah Laos.

Maka dari itu The Diplomat menyatakan bahwa tidak akan ada yang berubah di Laos karena tidak ada pilihan selain PRRL, mungkin hanya pergantian sejumlah orang yang menduduki kursi legislatif.

Baca Juga: Selama Sanksi AS, Iran Rugi USD 1 Trilyun , Menlu Minta Ganti Rugi

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X