Negara Barat Beramai-ramai kirim Kapal Perang Ke Laut Natuna Utara, China Terkepung

- 23 Februari 2021, 20:10 WIB
Potret armada tempur laut AS /Facebook_US PACIFIC FLEET/

JURNAL PRESISI – Klaim China sepihak atas Laut Natuna Utara yang disengketakan terus menjadi perhatian dunia internasional.

Tidak hanya Amerika Serikat saja yang menentang klaim China di Laut Natuna Utara yang kaya akan sumber daya alam tersebut.

Dikutip dari SCMP, negara–negara barat lain seperti Prancis, Inggris hingga Kanada mengirim kapal angkatan laut ke Laut Natuna Utara.

Baca Juga: Bakal Akhiri Perang Panjang, Pembicaraan Perdamaian Antara AS dan Taliban Dilanjutkan di Doha, Qatar

Pada awal Februari 2021 lalu, Menteri Pertahan Prancis Florence Parly mengatakan pihaknya telah mengirimkan kapal selam penyerang ke parairan itu.Seorang pejabat pertahanan Inggris mengatakan kelompok serang kapal induk utama Inggris siap memasuki jalur air.

Sementara itu, satu kapal perang Angkatan Laut Kanada berlayar di dekat Laut Natuna Utara pada Januari dengan melewati Seat Taiwan dalam perjalanannya untuk bergabung dengan latihan di dekatnya dengan angkatan laut Australi, Jepang dan AS.

Negara-negara barat ini memang tidak mengklaim kedaulatan atas Laut Natuna Utara seluas 3,5 juta kilometer persegi itu, dimana terletak lebih dari satu benua dari perairan territorial mereka sendiri.

Baca Juga: Maroon 5 Bersama Megan Thee Stallion Akan Keluarkan Single Baru Berjudul 'Beautiful Mistakes' Maret Tahun ini

Tetapi mereka ingin mendukung Amerika Serikat dalam melawan ekspansi sepihak oleh China, yeng telah berselisih dengan bekas jajahan Eropa, seperti Malaysia, Indonesia hingga Singapura.

Angkatan Laut Prancis mengatakan sebuah kapal serbu amfibi Tonnere dan fregat Surcouf telah meninggalkan pelabuhan asal di Toulon pada Kamis, 18 Februari 2021, dan akan melakukan perjalanan ke kawasan Pasifik dalam misi tiga bulan.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: SCMP


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X