Kerja Sama Trilateral Turki, Azerbaijan, Turkmenistan, Menlu Turki: Diprakarsai Sejak 2014

- 24 Februari 2021, 15:07 WIB
Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu mendengarkan selama wawancara dengan Perwakilan Harian Sabah Ankara Nur Özkan Erbay, Ankara, Turki, 2 September 2020. (Atas izin Kementerian Luar Negeri) /

 

JURNAL PRESISI - Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa kerjasama tiga negara, antara Turki, Azerbaijan, dan Turkmenistan telah membawa kesejahteraan dan stabilitas dari wilayah tersebut pada Selasa, 23 Februari 2021.

"Hubungan kami yang dibangun pada ikatan khusus telah berubah menjadi sebuah kemitraan komprehensif sekarang. Mekanisme trilateral ini, yang diprakarsai pada tahun 2014, telah membuat kontribusi signifikan terhadap kesejahteraan dan stabilitas wilayah itu," ujar Mevlut dalam konferensi pers bersama yang dikutip dari Anadolu Agency.

Ia juga menekankan bahwa pemerintah Turki ingin bekerja sama lebih erat dengan Azerbaijan dan Turkmenistan sebagai inisiatif Asia Anew, sebuah prakarsa yang dilancarkan Turki pada tahun 2019 untuk meningkatkan hubungannya dengan negara Asia lainnya.

Baca Juga: Tripel-Dobel James Harden Bawa Nets Unbeaten Tujuh Laga

Mevlut juga mengatakan bahwa para menteri itu bertemu untuk membicarakan dan menentukan sebuah peta jalan untuk konferensi tingkat tinggi tiga negara dimana presiden dari ketiga negara itu akan bertemu di Turkmenistan.

Kerja sama dari tiga negara itu akan bergerak di berbagai bidang, termasuk transportasi dan energi. Dalam pertemuan itu, para menteri juga menandatangani deklarasi bersama yang menekankan pentingnya mekanisme trilateral untuk memperkuat peluang kerja sama multilateral.

Mereka sepakat untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan perdagangan untuk mendorong investasi masuk ke dalam tiga negara itu.

Baca Juga: Menhub: Tes GeNoSe Jadi Syarat di Bandara Mulai Tanggal 1 April 2021

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: Anadolu Agency


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X