Diduga Bantu Suami, Istri Bos Kartel Meksiko El Chapo Ditangkap AS di Wilayahnya

- 24 Februari 2021, 15:31 WIB
Emma Coronel Aispuro, istri El Chapo, ditangkap. /RUETERS/Jeenah Moon

 

JURNAL PRESISI - Amerika Serikat (AS) berhasil mengungkap praktik penyelundupan narkotika jaringan internasional yang dioperasikan oleh kartel narkoba Sinaloa Meksiko beberapa waktu lalu.

Tak hanya mantan pemimpin, Joaquin 'El Chapo' Guzman, namun sang istri juga baru saja ditangkap terkait keterlibatannya dalam dugaan penyelundupan narkoba.

Dilansir dari Antara pada Selasa 23 Februari 2021, perempuan bernama Emma Coronel Aispuro yang berusia 31 tahun itu telah ditangkap di Bandara Internasional Dulles di bagian utara Virginia.

Diketahui Emma sering menghadiri persidangan suaminya dua tahun lalu. Dia dijadwalkan untuk hadir di pengadilan federal di Washington pada Selasa 23 Februari.

Baca Juga: Kerja Sama Trilateral Turki, Azerbaijan, Turkmenistan, Menlu Turki: Diprakarsai Sejak 2014

Sementara itu, kuasa hukum Emma belum dapat dimintai keterangan jelas terkait alasan keberadaan Emma, yang diketahui memiliki dua kewarganegaraan yakni AS dan Meksiko, berada di area Washington.

Coronel didakwa pada hari Senin (22 Februari) dalam satu tuduhan berkomplot untuk mendistribusikan beberapa jenis narkoba, di antaranya heroin, kokain, marijuana, dan metamfetamin.

Selain itu, jaksa penuntut juga mengungkapkan bahwa Emma bersekongkol untuk membantu suaminya dalam pelariannya pada Juli 2015 dari penjara Altiplano di Meksiko.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X