Kroasia Tuntut Dua Orang Mantan Petarung Serbia karena Pembunuhan Wartawan Tiga Dasawarsa Lalu

- 24 Februari 2021, 21:27 WIB
Ilustrasi peta Kroasia. /Al Jazeera

 

JURNAL PRESISI - Kepolisian Kroasia melayangkan tuntutan kepada dua mantan anggota unit polisi khusus Daerah Otonomi Khusus Serbia di Krajina yang tidak disebutkan namanya pada Selasa, 23 Februari 2021.

Tuntutan didasarkan pada pembunuhan dua wartawan berkebangsaan Rusia, Viktor Nogin dan Gennadiy Kurinnoy yang tewas pada tahun 1991 silam.

Kedua wartawan itu ditembak di wilayah Hrvatska Kostajnica, provinsi Banija, Kroasia pada 1 September 1991. Mereka adalah pewarta dari All-Russia State Television and Radio Broadcasting Company.

Mereka ditembak ketika sedang menyetir melewati provinsi Banija yang berada di tengah peperangan dengan banyak tentara Kroasia maupun Serbia mengendalikan desa maupun jalanan.

Baca Juga: Hadirkan Tiga Pokemon Legendaris, Musim Baru Pokémon GO Bertajuk 'Season Of Legends'

"Pada saat kendaraan pribadi berpelat nomor diplomatik datang dari arah Hrvatska Kostajnica, kelompok itu menembaki kendaraan tersebut dengan senapan," kata pernyataan polisi yang dikutip dalam Balkan Insight.

Ketika salah satu pelaku mendekat, ia meminta kedua wartawan Rusia itu untuk menunjukkan kartu identitasnya, lalu menembak keduanya hingga tewas.

Meskipun yang melakukan penembakan hanya satu orang, namun tersangka lainnya yang pada saat itu merupakan komandan lapangan, seharusnya bisa mencegah pembunuhan itu, namun tidak melakukan apapun.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X