79 Narapidana Tewas dalam Kerusuhan yang Terjadi di Tiga Penjara Ekuador

- 25 Februari 2021, 17:55 WIB
Seorang wanita menangis di luar penjara di mana narapidana tewas dalam kerusuhan yang oleh pemerintah digambarkan sebagai tindakan organisasi kriminal, di Guayaquil, Ekuador / (Reuters/Vicente Gaibor del Pino)/

JURNAL PRESISI – Ekuador dalam kondisi yang panas. Sebab, dalam minggu ini, tiga penjara di negara tersebut sedang mengalami kerusuhan antar geng.

Pihak berwenang mengatakan jika, jumlah narapidana yang tewas dalam kerusuhan di tiga penjara terpisah di Ekuador pada Rabu, 24 Februari 2021, telah meningkat menjadi 79 orang.

Ratusan petugas polisi dan personel militer dikerahkan setelah perkelahian terkoordinasi antara geng-geng di dalam lapas yang terjadi pada Senin malam.

Pihak berwenang mengatakan geng-geng tersebut memulai pertempuran untuk memperebutkan kepemimpinan dalam sistem penjara pada Desember 2020 lalu.

Baca Juga: Joe Biden akan Lakukan Telepon dengan Raja Salman, Gedung Putih Singgung Soal Jamal Khashoggi

Saat itu, seorang pemimpin Los Choneros, yang dianggap sebagai geng paling kuat, tewas di sebuah pusat perbelanjaan beberapa bulan setelah dibebaskan.

Presiden Ekuador, Lenin Moreno, mengatakan pada Selasa 23 Februari 2021, adalah hari yang tragis bagi negara. Karena puluhan tahanan pertama kali dilaporkan tewas dan menyalahkan kelebihan populasi dalam sistem penjara, serta kurangnya personel dan sumber daya, atas kekerasan tersebut.

Dalam pesan sebelumnya, ia menyatakan belasungkawa kepada keluarga mereka yang terbunuh dan berjanji untuk meminta pertanggungjawaban mereka.

"Apa yang terjadi kemarin bukanlah kebetulan. Itu diorganisir dari luar penjara, diatur oleh mereka yang berselisih tentang kepemimpinan dan perdagangan narkoba di seluruh wilayah nasional kami," kata Moreno disadur Jurnal Presisi dari laman Aljazeera.

Baca Juga: Diduga Lebih Berbahaya, Peneliti Temukan Varian Baru Virus Corona di New York, AS

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Aljazeera


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X