Partai Republik Desak Joe Biden Boikot Olimpiade di China Menyusul Pernyataan Mantan Duta Besar PBB

- 1 Maret 2021, 18:35 WIB
Potret Presiden Amerika Serikat Joe Biden /Instagram @joebiden/

JURNAL PRESISIOlimpiade, kompetisi antar negara yang akan diseleggarakan setiap empat tahun sekali itu rencananya bakal digelar di Beijing pada Februari 2022.

Baru-baru ini, para politisi di Partai Republik justru mendesak kepada Joe Biden untuk segera memutuskan memboikot olimpiade.

Partai Republik juga mengusulkan upaya lain kepada Komite Olimpiade Internasional agar pelaksanaan kompetisi dipindah dari Beijing.

Hal itu disebabkan karena sebagian besar anggota Senat AS mengecam tindakan pemerintah China kepada Muslim Uighur di wilayah Barat Laut Xinjiang.

Baca Juga: Perkuat Sektor Pertahanan, Polri dan Kepolisian Turki Bangun Program Kerja Sama

Bahkan, China dianggap telah melakukan genosida atau penghancuran suku tertentu dari bumi oleh Pemerintahan Trump sebelumnya.

Sementara di sisi lain, banyak penolakan terkait penyelenggaraan olimpiade 2022 di Beijing oleh para kritikus.

Pandemi Covid-19 masih dinilai menjadi tanggung jawab China, dan mereka masih meyakini bahwa virus terbaru Corona itu berasal dari Wuhan, China.

“Belum ada keputusan akhir yang dibuat tentang itu. Dan tentu saja kami akan mencari arahan dari Komite Olimpiade As,” ujar Ken Psaki, Juru Bicara Gedung Putih, dikutip dari The Standard, Senin, 1 Maret 2021.

Baca Juga: Kunjungan Kerja ke DIY, Jokowi Resmikan KRL Yogyakarta-Solo dan Tinjau Vaksinasi Massal

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: The Standard


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X