Soroti Perayaan Idul Fitri di Indonesia, Media Asing Anggap Momen Bahagia Yang Menjadi Pilu

- 25 Mei 2020, 12:14 WIB
RIBUAN jemaah melaksanakan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah Tahun 2020 dengan memadati Masjid Raya Medan, Sumatera Utara, Ahad (24/5/2020) dalam suasana pandemi COVID-19.*

JURNAL PRESISI - 225 juta Muslim Indonesia, merayakan Idul Fitri tahun ini dengan perasaan pilu.

Banyak yang terpaksa menghabiskan waktu jauh dari keluarga, hal tersebut karena pembatasan perjalanan yang diberlakukan untuk mengekang penyebaran COVID-19.

Namun, ratusan masjid di seluruh Indonesia masih menjadi tempat salat, meski meminta para peserta untuk mengenakan masker dan mencoba memberikan jarak antar orang.

Baca Juga: FBI Tangkap Bill Gates Atas Tuduhan Penciptaan Virus Corona, Ternyata Klaim Yang Salah

Idul Fitri secara tradisional adalah perayaan di negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, ditandai dengan perayaan kumpul keluarga besar, pertukaran hadiah dan doa bersama.

Sebelumnya artikel ini telah tayang di pikiran-rakyat.com dengan judul "Media Asing Soroti Pahitnya Indonesia Sebagai Negara Muslim Terbesar di Dunia Saat Idul Fitri 2020"
(Pikiran Rakyat/Abdul Muhaemin)

Tetapi Indonesia telah berjuang untuk membendung wabah virus corona, dengan lebih dari 21.000 kasus. Pada hari Sabtu, jumlah kematian yang dilaporkan mencapai 1.351, tertinggi di Asia Timur di luar Cina.

Baca Juga: Banyak Didoakan Netizen, Inilah Deretan Seleb Muallaf Yang Rayakan Idul Fitri Pertama 2020

Kelompok Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), mengeluarkan fatwa minggu ini mendesak umat Islam untuk salat di rumah, daripada berkumpul di masjid.

Halaman:

Editor: Eggy Awang

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X