Presiden Amerika Donald Trump Resmi Umumkan Putus Hubungan Dengan WHO

- 30 Mei 2020, 10:01 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. /Laman Whitehouse

JURNAL PRESISI - Memanasnya hubungan Donald Trump dengan WHO telah mencapai titik paling krusial, kini Presiden Amerika itu umumkan telah memutus hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia itu karena dianggap telah gagal memerangi penyebaran awal Covid-19.  

“Karena mereka gagal melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan, hari ini kita akan mengakhiri hubungan kita dengan WHO," kata Trump dilansir dari kantor berita AFP Jumat (19/5/2020),

Bulan lalu Trump pertama kalinya menunda kucuran dana ke badan kesehatan PBB itu dan menuduhnya salah mengelola penanganan pandemi global.

Kemudian 10 hari yang lalu, ia menuduh juga WHO sebagai "boneka" Cina, dan mengancam pembekuan dana akan betul – betul dilakukan .

Baca Juga: Cina Meradang, WHO Akan Selidiki Asal Negara Virus Corona

Amerika akan mengalihkan dana yang sebelumnya dialokasikan kepada WHO ke seluruh dunia lainnya yang dianggap lebih layak mendapatkan bantuan mendesak.

"Dunia membutuhkan jawaban dari Cina tentang virus. Kami harus mendapat transparansi," kata Trump.

Beijing membantah keras tuduhan AS bahwa Cina telah meremehkan ancaman ketika virus itu pertama kali muncul di kota Wuhan di Cina akhir tahun lalu dan mengatakan jika Washington sedang mencoba untuk melalaikan tanggung jawabnya kepada WHO.

Baca Juga: Kongres Amerika Serikat Desak WHO Libatkan Taiwan Cara Mengatasi Pandemi COVID-19

Amerika adalah donatur terbesar bagi WHO, mereka telah menyediakan setidaknya $ 400 juta dalam anggaran tahun lalu.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: AFP


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X