Cina Bangun Sebuah Kapal SAR Ukuran Raksasa, Picu Keresahan di Wilayah Laut Cina Selatan

- 31 Mei 2020, 16:10 WIB
KAPAL SAR yang diklaim terbesar di dunia milik Tiongkok sedang dibuat untuk melakukan penyelamatan di perairan sengketa Laut China Selatan.* Planet Labs Inc. via RFA

JURNAL PRESISI -  Cina kembali melakukan aktivitas yang cukup mencolok di Perairan Cina Selatan setelah beberapa waktu lalu melakukan manuver militer.

Melalui pejabat yang berwenang, Cina mengumumkan sedang membangun sebuah kapal Search and Rescue (SAR).

Kapal ini memiliki panjang sekitar 137 meter dan rencananya akan beroperasi di Laut Cina Selatan.

Dengan panjang sekitar 450 kaki (137 meter), lebar 88 kaki (26 meter), dan kedalaman 36 kaki (10 meter), menjadikan kapal ini adalah kapal terbesar yang beroperasi di Laut Cina Selatan dibandingkan kapal sejenisnya.

Baca Juga: Promo! Pertamina Beri Diskon Hingga 96 Persen Untuk Penukaran Tabung Gas 3 Kg

Dikutip dari Benar News melalui Pikiran Rakyat , kehadiran kapal ini akan mengerdilkan kapal-kapal penjaga pantai dari negara-negara tetangga di perairan sengketa Laut China Selatan.

Anak perusahaan dari China State Shipbuilding Corp telah mengumumkan penyelesaian dan pemasangan komponen stabilizer untuk kapal SARtersebut pada Senin, 26 Mei 2020.

Kapal SAR Cina itu disebut sebagai 14.000 Kilowatt Large Cruiser Rescue Ship. Kapal ini akan menjadi terbesar dan yang paling kuat dioperasikan oleh layanan pencarian dan penyelamatan Cina.

Baca Juga: Ruang Isolasi Pasien COVID-19 Terus Ditambah, Persi Jatim Gandeng RS Nonrujukan di Surabaya

Kementerian Transportasi Cina mengoperasikan banyak biro penyelamat di bawah agen SAR-nya yaitu China Rescue Service (CRS).

Halaman:

Editor: Ben Sihotang

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X