Kekuatan Militer Indonesia Diakui Dunia, Berikut Daftar 10 Negara dengan Militer Terkuat

- 1 Juni 2020, 01:27 WIB
Kapal induk Amerika Serikat (AS) USS Theodore Roosevelt. AS menjadi negara dengan militer terkuat di dunia.* /Instagram @notdumbnews

JURNAL PRESISI – Betapapun dunia saat ini sedang menghadapi ancaman pandemic dari virus corona, namun ketegangan antara negara di dunia yang melibatkan kekuatan militer tetap muncul.

Seperti yang terjadi di Laut Cina Selatan, dimana Cina secara sepihak melakukan klaim atas Laut tersebut. Hal ini memicu ketegangan kawasan, baik dengan Indonesia, Malaysia, Filipina, dan juga Amerika Serikat.

Baca Juga: Elang Hitam, Drone Tempur Buatan Indonesia Bersenjatakan Roket F-16

Krisis yang diakibatkan oleh COVID-19 pun mendorong eskalasi ketegangan antara Amerika Serikat dengan Cina. Hal ini dikarenakan aksi saling tuduh terkait virus corona antara Amerika Serikat dengan Tiongkok.

Singkatnya, dimasa pandemic sekalipun perang bisa meletus. Hal ini membuat negara-negara tetap mengkonsolidasi kekuatan militernya untuk mengantisipasi setiap potensi ancaman terhadap negaranya.

Lantas, negara mana yang memiliki armada tempur terkuat di dunia?

Baca Juga: 14 Fenomena Astronomi Akan Terjadi di Bulan Juni, Jangan Lewatkan Gerhana Matahari Cincin!

Global Fire Power, sebuah lembaga analis pertahanan dan keamanan pada 2019 melakukan pemeringkatan kekuatan militer sejumlah negara di dunia.

Daftar 2019 Military Strength Ranking atau peringkat Kekuatan Militer 2019 milik GFP mengacu pada lebih dari 55 faktor untuk menetapkan skor indeks kekuatan (Power Index) ke 137 negara –ditambah Moldova 2019 ini.

Pemeringkatan tersebut menilai keragaman alutsista masing-masing negara dan memberikan perhatian khusus pada para prajuritnya. Termasuk di dalamnya penilaian segi geografis, kapasitas logistik, sumber daya alam yang tersedia, dan status industri lokal juga dipertimbangkan.

Halaman:

Editor: Ratri Ni'mah

Sumber: Portal Jember


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X