Data Kematian Perawat Akibat Covid-19 di Seluruh Dunia Melonjak Tinggi

- 3 Juni 2020, 21:09 WIB
ILUSTRASI tenaga medis.*

JURNAL PRESISI - Tugas tenaga medis ditengah pandemi Covid-19 tidaklah mudah, sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19 mengharuskan mereka kontak langsung dengan pasien – pasien terinfeksi yang beresiko menularkan infeksi tersebut.

Menurut data Dewan Perawat Internasional (ICN), Lebih dari 600 perawat di seluruh dunia gugur dalam bertugas akibat terinfeksi Covid-19.

Data di lebih dari 30 negara menyatakan jumlah kematian perawat meningkat lebih dari dua kali lipat dalam sebulan terakhir.

Baca Juga: Ratusan Jurnalis dari 31 Negara di Dunia Meninggal Akibat Terpapar Covid-19

"Dalam dua bulan terakhir, kami telah melihat jumlah kematian perawat karena virus corona di seluruh dunia meningkat dari 100 menjadi sekarang lebih dari 600 dan kami pikir di seluruh dunia jumlah petugas kesehatan yang dapat terinfeksi virus ini adalah sekitar 450.000," kata Howard Catton, kepala eksekutif ICN dilansir dari Antara.

"Angka ini masih akan terus naik," ujar dia.

Pasalnya dari 6 juta kasus yang dilaporkan, diperkirakan sekitar 450.000 teradi infeksi pada petugas kesehatan.

Baca Juga: Perawat yang Sedang Hamil di Surabaya Meninggal Karena Positif COVID-19

Tingkat infeksi di antara petugas layanan kesehatan sangat bervariasi antar negara, dengan kurang dari 1 persen di Singapura dan lebih dari 30 persen di Irlandia.

Sedangkan Spanyol dan Jerman telah mencatat jumlah kematian yang rendah di antara petugas kesehatan meskipun terjadi wabah besar.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: antaranews


Tags

Komentar

Terkini

X