Peneliti Klaim Adanya 36 Peradaban Alien yang Coba Berkomunikasi dengan Manusia di Bumi

- 17 Juni 2020, 13:00 WIB
TELESKOP FAST akan mulai mencari sinyal kehidupan alien pada September 2020.* /Xinhua via ChinaTechCity/

JURNAL PRESISI -  Sepanjang peradaban manusia di planet Bumi ini, belum ada laporan berbasis ilmiah sebagai bukti nyata adanya makhluk alien.

Sampai dewasa ini, manusia di Bumi masih berandai-andai akan adanya kehidupan lain di angkasa luar selain manusia di Bumi.

Penelitian terbaru yang cukup mencerahkan adalah laporan yang menyebut kemungkinan ada 36 peradaban alien di galaksi Bima Sakti.

Laporan ini juga menyebutkan jika para alien ini aktif berkomunikasi dengan manusia melalui sinyal radio frekuensi tinggi.

Baca Juga: Cina dan Korut Terus Menambah Pasokan Senjata Nuklir, Pakar Menganggap Dunia Semakin Berbahaya

Penelitian yang dipimpin University of Nottingham, Inggris ini memperkirakan jumlah yang disebut Communicating Extra-Terrestrial Intelligent civilizations (CETI) atau peradaban alien seperti kita yang menyiarkan sinyal radio ke luar angkasa.

"Seharusnya ada setidaknya beberapa lusin peradaban aktif di galaksi kita dengan asumsi bahwa dibutuhkan lima miliar tahun bagi kehidupan cerdas untuk terbentuk di planet lain, seperti di Bumi," kata Profesor Christopher Conselice, selaku peneliti utama penelitian ini, seperti dikutip Pikiran-rakyat.com dari Sky News.

"Idenya adalah melihat evolusi, tetapi pada skala kosmik. Kami menyebut perhitungan ini sebagai Astrobiological Copernican Limit," tambahnya.

Baca Juga: Kabar Gembira! Gejala Berat Pasien COVID-19 Bisa Diatasi, Peneliti Inggris Temukan Obatnya

Astrobiological Copernican Limit memiliki dua kondisi atau asumsi berdasarkan pada apa yang diketahui tentang peradaban cerdas dari Bumi.

Halaman:

Editor: Ben Sihotang


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X