Antisipasi Bentrok dengan Tiongkok, Jepang Bangun Armada Jet Tempur Siluman Tercanggih di Dunia

- 12 Juli 2020, 06:45 WIB
Ilustrasi Stealth Fighter generasi keenam. /

JURNAL PRESISI - Jepang tengah mengembangkan sebuah armada jet tempur siluman yang nantinya akan menyandang deretan pesawat tempur tercanggih di dunia.

Rancangan jet tempur bermesin ganda yang dikembangkan Jepang nantinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pertahanan udara negara hingga puluhan tahun ke depan.

Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono mengungkapkan, pembangunan armada tempur baru ini diperlukan demi menunjang kapabilitas angkatan udara Jepang ketika harus menanggapi sejumlah provokasi terutama yang dilakukan pesawat militer China di dekat wilayah Jepang.

Baca Juga: Begini Penjelasan Gus Baha Tentang Cara Mengqadha Shalat yang Sudah Lama Ditinggalkan

Namun, Taro mengatakan pesawat generasi keenam ini akan mulai diproduksi pada tahun fiskal 2031 mendatang.

Rencana pengembangan armada jet tempur ini sudah tertuang dalam anggaran pertahanan negara 2020, di mana lebih dari 216 juta dolar Amerika Serikat (sekitar 2,965 triliun) disisihkan untuk program pembangunan pesawat yang dikenal sebagai FX.

Anggaran pertahanan tersebut tak hanya digunakan untuk pengembangan jet siluman saja. Pengembangan teknologi pesawat nirawak atau drone untuk melengkapi kapabilitas jet siluman tersebut juga mencadi rencana proyeksi jangka panjang tersebut.

Baca Juga: Autogajian Dinyatakan OJK Ilegal, Juga Diharamkan Oleh LBM PCNU Tulungagung

Badan Akuisisi, Logistik, dan Teknologi Jepang (ALTA) mengatakan jet tempur siluman FX ini akan dilengkapi sejumlah fitur canggih seperti kemampuan sinkronisasi penargetan rudal, senjata internal, dan penggunaan nozel-dorong-vektor.

Kantor penyiaran NHK menuturkan jet tempur ini akan menggantikan ratusan pesawat F-2 dan F-16 milik Jepang yang mulai usang.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Galamedianews


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X