Bill Gates Tanggapi Penyebaran Obat dan Vaksin Covid-19 Harus Tepat Sasaran

- 12 Juli 2020, 21:12 WIB
Bill Gates /

JURNAL PRESISI - Bill Gates miliarder asal Amerika menyerukan agar obat-obatan Covid-19 dan vaksin harus diberikan pada negara-negara dan orang-orang yang paling membutuhkan, bukan untuk 'penawar tertinggi'.

Menerutnya jika perusahaan vaksin mengandalkan kekuatan pasar justru malah akan memperpanjang pandemi yang mematikan ini.

"Jika membiarkan obat-obatan dan vaksin diberikan ke penawar tertinggi, alih-alih ke orang-orang dan tempat-tempat yang paling dibutuhkan, kita akan memiliki pandemi yang akan lebih lama, lebih tidak adil, dan lebih mematikan," kata Gates, dikutip dari PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari laman Reuters.

Baca Juga: Berdo'a Agar Bermimpi Bertemu Rasulullah, Adakah Amalannya? Simak Petunjuk Buya Yahya

Ratusan proyek vaksin sedang berjalan di Eropa dan Amerika Serikat (AS) yang telah menginvestasikan miliaran dolar dalam penelitian, ada kekhawatiran bahwa negara-negara kaya akan mengambil alih obat-obatan yang menjanjikan terhadap virus corona.

Kekhawatirkan tinggi pada negara kaya yang bahkan tak peduli dengan negara-negara berkembang dalam mendapatkan vaksin.

"Kita butuh para pemimpin untuk membuat keputusan sulit tentang distribusi berdasarkan ekuitas, bukan hanya pada faktor-faktor yang didorong pasar," katanya.

Sebelumnya artikel telah tayang di tasikmalaya.pikiran-rakyat.com dengan judul "Bill Gates: Vaksin Covid-19 Harus Diberikan pada Negara Membutuhkan Bukan Negara 'Penawar Tertinggi'"

Komisi Eropa dan Organisasi Kesehatan Dunia telah memperingatkan persaingan tidak sehat dalam perebutan obat yang dipandang sebagai kunci untuk menyelamatkan nyawa dan menyelesaikan kekacauan ekonomi yang diakibatkan oleh virus.

Sementara beberapa pejabat di Washington telah mengindikasikan mereka akan berusaha memprioritaskan penduduk AS.

Gates mengatakan upaya yang dimulai dua dekade lalu untuk memerangi krisis HIV/AIDS global, ketika negara-negara bersatu akhirnya membuat obat tersedia di sebagian besar dunia termasuk Afrika, dapat berfungsi sebagai model untuk membuat obat-obatan Covid-19 dapat diakses secara luas.

Baca Juga: Huawei nova 7, Xiaomi Redmi 9 dan Vivo X50 Akan Rilis Pekan Depan, Simak Informasinya!

Sebagai contoh dia menunjuk Dana Global untuk Memerangi AIDS tahun 2002 yang diciptakan, Tuberkulosis dan Malaria dan Rencana Darurat Presiden AS untuk Bantuan AIDS dalam memberikan obat-obatan kepada orang-orang untuk memerangi beberapa penyakit mematikan di dunia.

“Salah satu pelajaran terbaik dalam memerangi HIV/AIDS adalah pentingnya membangun sistem distribusi global yang besar dan adil ini untuk memberikan obat kepada semua orang,” kata Gates.***

Editor: Eggy Awang

Sumber: Pikiran Rakyat Tasikmalaya


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X