Ilmuwan Tiongkok Membelot ke AS, Ungkap Borok Pemerintahnya Sengaja Tutupi Virus Corona Kepada Dunia

- 13 Juli 2020, 22:33 WIB
Lee-meng Yan. /

JURNAL PRESISI – Dr. Li Meng Yan seorang Ahli virologi asal Hong Kong kabur ke AS pada bulan April 2020 untuk membongkar informasi yang ia yakini jka Tiongkok sebetulnya sejak awal tahu tentang bahaya virus corona sebelum penyakit menular itu mewabah hingga ke seluruh dunia.

Yan mengatakan bahwa pimpinan di Universitas tempatnya bekerja seharusnya berkewajiban membagi informasi penting ini kepada dunia namun mereka menolaknya.

Li-Meng Yan yang juga spesialis imunologi itu mengaku jika pengawasnya di Universitas mengabaikan penelitiannya ketika wabah corona baru terjadi, ia mengklaim seandainya dunia tahu lebih awal tentang informasi penting ini tentu akan menyelamatkan lebih banyak nyawa.

Baca Juga: NASA Kembali Perhatikan Kebijakan ke Luar Angkasa, Ketakutan pada Virus dan Bakteri yang Mengancam

Suami Yan menolak untuk mengikuti jejaknya pergi ke AS, ia juga sudah diingatkan akan resiko besar atas tidakannya membelot dari Tiongkok, bisa saja suatu saat ia akan dihukum berat atau bahkan dbunuh, akan tetapi ia tetap nekat pergi untuk membongkar apa yang telah disembunyikan pemerintah Tiongkok.

Setibanya di AS diduga FBI sempat mewawancarainya berjam-jam dan menyelidiki Yan.

"Alasan saya datang ke AS adalah karena saya menyampaikan pesan kebenaran Covid-19," ujarnya.

Tempat kerja Yan digolongkan sebagai laboratorium rujukan Organisasi Kesehatan Dunia, dimana Yan mengklaim bahwa ia adalah salah satu ilmuwan pertama yang ditugasi mempelajari kasus mirip SARS yang muncul di Tiongkok pada akhir 2019 itu.

Baca Juga: Tak Hanya Tampil Seksi, Hana Hanifah Makin Mempesona dengan Baju Syar'i, Netizen : Bidadari Surga

Rekannya di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Tiongkokmemberi tahunya pada tanggal 31 Desember 2019 lalu tentang adanya kemungkinan penularan virus corona dari manusia ke manusia. Namun saat itu bosnya "hanya mengangguk" dan menyuruhnya tetap bekerja.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: Galamedia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X