Waspadai Pergerakan AS, Rusia Pamerkan Drone ‘Poseidon’ dan Rudal Siluman ‘Tsirkon’

- 27 Juli 2020, 13:05 WIB
Uji coba rudal Tsirkon. (YouTube) /

JURNAL PRESISI - Persenjataan militer Rusia generasi terbaru diantaranya kapal selam drone bawah laut dan rudal jelajah antar benua akan segera diperkenalkan pada dunia. Hal tersebut diumumkan langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada Minggu, 26 Juli 2020.

Walaupun masih masih dalam tahap uji coba akhir, persenjataan terbaru ini bukanlah hal remeh dalam dunia pertahanan dan militer.

Putin selalu membanggakan kecanggihan peralatan militer terbaru Rusia yang diklaim tidak tertandingi dan dapat menyerang berbagai jenis sasaran di seluruh wilayah dunia.

Baca Juga: Program Kampung Tangguh Gagasan Polda Riau Sukses Panen Raya di Tengah Pandemi Covid-19

Peningkatan teknologi senjata Angkatan Laut Rusia ini nantinya akan diperkuat dengan rudal nuklir hipersonik. Selain itu, juga tengah disiapkan pesawat nirawak (drone) bertenaga nuklir bawah laut.

Putin menyebut, Drone Poseidon adalah kapal selam nirawak bertenaga nuklir yang dipergunakan sebagai kemampuan untuk menunjang pertahanan kapal-kapal tempur Rusia.

Sementara itu, Tsirkon (Zirkon) adalah adalah rudal hipersonik generasi terbaru yang nantinya akan menunjang persenjataan kapat angkatan laut.

Baca Juga: Telusuri Bau Busuk, Warga Geger Temukan Mayat Wanita Tanpa Identitas Megambang Di Kolam Ikan

Rudal jelajah itu menggabungkan sejumlah kemampuan seperti kecepatan, daya manuver, dan kemampuan terbang tinggi. Dengan begitu, Tsirkon dapat melaju lebih dari lima kali kecepatan suara. Artinya, Tsirkon diyakini akan sulit dilacak dan disadap.

Dikutip dari Antara melalui Galamedia-News.com, Putin mengatakan, angkatan laut Rusia bertumbuh dan akan diperkuat 40 kapal baru pada 2020. Informasi itu ia sampaikan saat memberi sambutan pada parade tahunan angkatan laut di St. Petersburg.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Galamedianews


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X