Pasokan Membeludak, Harga Minyak Bumi Masa Pandemi Kian Melemah

- 11 September 2020, 13:09 WIB
Ilustrasi kilang minyak. /Pixabay/jp26jp

JURNAL PRESISI - Permintaan minyak bumi dipasar dunia kini mengalami pelemahan, sementara stok minyak bumi yang dimiliki Amerika Serikat berada pada tingkat melebihi ambang.

Harga minyak Brent dan West Texas Intermediate (WTI) menjadi acuan di pasar dunia. Namun keduanya di minggu kedua ini mengalami penurunan.

Dilansir dari Reuters, harga minyak mentah Brent mengalami penurunan hingga 8 sen atau setara 0,2 persen sehingga menjadi 39,98 dolar AS per barel. Pada hari Kamis kemarin, harga minyak bumi hampir jatuh diangka 2 persen.

Baca Juga: Selena Gomez Resmi Luncurkan Rare Beauty, Profit 1 Persennya untuk Membantu Layanan Kesehatan Mental

Sementara itu, WTI juga alami penurunan sebesar 2 sen menjadi 37,28 dolar AS per barel setelah sehari sebelumnya juga alami penurunan diangka 2 persen. Kontrak pengiriman bulan Oktober 2020 turun 24 sen atau setara 0,63 persen menjadi 37,81 dolar AS per barel.

Pada kuartal I bulan September, stok minyak Amerika Serikat melebihi jumlah yang diperkirakan akibat kembali beroperasinya kilang. Setelah beberapa waktu lalu produksi ditutup akibat adanya badai di Teluk Meksiko dan sekitarnya.

Persediaan Amerika Serikat terkait minyak mentah sempat dititik kenaikan sebesar 2,0 juta barel beberapa pekan lalu yang diprediksi alami penurunan 1,3 juta barel.

Baca Juga: Dua Kelompok Antar Kampung di Jayapura Terlibat Bentrok, 7 Korban Alami Luka-Luka

“Produksi minyak kembali dilakukan setelah adanya badai dan disambut dengan permintaan yang lemah, namun akan tetap terus menjaga dan menekan harga minyak,” ujar analis pasar senior OANDA Edward Moya dilansir dari Reuters.

Produksi minyak juga terganggu atas adanya krisis pandemi sekarang ini.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X