Dampak dari Divestasi AS – Tiongkok, Investasi Merosot ke Level Terendah

- 17 September 2020, 17:12 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping . (ANTARA/REUTERS/Kevin Lamarque) /

JURNAL PRESISI – Sengitnya persaingan investasi antara Amerika Serikat dan Tiongkok dalam bilateral berimbas pada merosotnya perekonomian di level terendah dalam sembilan tahun terakhir pada paruh pertama di tahun 2020.

Perusahaan Tiongkok semakin terancam dibawah tekanan divestasi melalui operasi Amerika Serikat, menurut The Report A Researcher.

Melansir Reuters, Rhodium Group Consultan memaparkan risetnya yaitu investasi langsung oleh perusahaan dan arus modal ventura dari kedua negara turun dari 16,2 % menjadi $ 10,9 miliar pada Januari-Juni dari periode yang sama sebelumnya. Perusahaan itu dirugikan oleh pandemi virus corona.

Itu jauh berbeda dari total setengah tahunan yang semula hampir $40 miliar di tahun 2016 dan 2017.

Baca Juga: Dalam waktu 2 Hari, BLT Rp 600 Ribu Akan Cair! Ini Dia Link Untuk Cek Status Penerima

Ancaman risiko keamanan nasional negeri Paman Sam terhadap perlakuan oleh perusahaan teknologi Tiongkok membuat Pemerintah AS Donald Trump secara tegas memperluas tindakan secara tajam untuk membuat perusahaan Tiongkok semakin pincang.

Salah satunya perusahaan raksasa bidang telekomunikasi Huawei Technologies Co Ltd milik Perusahaan di Tiongkok termasuk dalam daftar hitam perdagangan.

Kejadian tersebut berimbas pada perusahaan lainnya asal Tiongkok yaitu Semiconductor Manufacturing International Corp dan pemilik TikTok, ByteDance untuk mendivestasi aplikasi video bentuk pendek.

ByteDance saat ini sedang menjalani kemitraan dengan Oracle Corp dengan mejalankan kesepakatan dan kefahaman dalam mengembangkan perusahaan.

Baca Juga: Jangan Lakukan Tiga Kesalahan Ini, Agar Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 9

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X