Tiongkok Gelar Latihan Militer Merespon Pertemuan AS - Taiwan

- 19 September 2020, 10:54 WIB
Tiongkok meningkatkan aktivitas militernya di sekitar Selat Taiwan dengan melaksanakan latihan militer yang dimulai di perairan tersebut pada hari Jumat, 18 September 2020.* /Reuters/ /

JURNAL PRESISI - Tiongkok memulai latihan militer di dekat Selat Taiwan pada hari Jumat, 18 September 2020. Di hari yang sama ketika seorang pejabat senior Amerika Serikat (AS) datang untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi di Taipei, Republik Tiongkok Utara Taiwan.

Pertemuan tersebut menimbulkan reaksi Beijing sebagai ibukota Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atas pertemuan Taipei dan AS. 

Beijing merasa geram menyaksikan hubungan antara Taipei dan Washington menjadi dekat. Terutama latihan militer di dekat pulau itu dengan ditandai dengan dua hari latihan udara dan laut massal pada pekan lalu.

Melansir channelnewsasia.com, juru bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok Ren Guo Qiang mengatakan bahwa latihan pada hari Jumat itu dilakukan di dekat Selat Taiwan dan melibatkan komando teater timur Tentara Pembebasan Rakyat.

Baca Juga: Mengerikan! Ratusan Susuk Ditemukan dalam Tubuh Wanita 55 Tahun

"Itu adalah tindakan yang wajar dan urgent ditujukan pada situasi saat ini di Selat Taiwan dan untuk melindungi kedaulatan nasional dan integritas teritorial," kata Ren Kementerian Pertahanan Tiongkok.

Taiwan adalah urusan internal China murni yang tidak melibatkan campur tangan asing, tambahnya.

"Baru-baru ini otoritas Amerika Serikat dan Partai Progresif Demokratik (DPP) meningkatkan kolusi mereka, seringkali menimbulkan gangguan," Tambahnya mengacu pada partai yang berkuasa di Taiwan.

Baca Juga: Pilih Transaksi Digital Selama Masa PSBB, Simak Cara Top Up ShopeePay

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: Channel News Asia


Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X