Pasca Kematian Hakim Mahkamah Agung AS, Siapa yang akan Diusulkan oleh Donald Trump dan Joe Biden?

- 21 September 2020, 09:54 WIB
Joe Biden dan Donald Trump /Aljazeera/ /

JURNAL PRESISI - Presiden AS Donald Trump berjanji akan mengusulkan calon hakim Mahkamah Agung dari seorang wanita untuk menggantikan Hakim Ruth Bader Ginsburg yang baru saja meninggal dunia.

Trump mencoba mendorong usulan tersebut di rapat senat yang saat ini dikuasai oleh Partai Republik untuk mempertimbangkan pemilihan tersebut tanpa adanya penundaan.

Presiden Trump mencoba naik podium di rapat umum Carolina Utara dengan menyuarakan 'isi kursi itu'. Meskipun dari Partai Demokrat keberatan atas statement yang disampaikan oleh Presiden Trump atas pencalonan yang ia inginkan.

Melansir dari The Associated Press, bagi Partai Demokrat apa yang disampaikan oleh Trump adalah hanya lelucon, seolah-olah 'jejak pendapat yang sangat ilmiah', namun apakah pendukungnya menginginkan apakah dari gender laki-laki atau perempuan ? ia menyatakan bahwa pilihannya adalah 'wanita yang sangat berbakat dan brilian'.

Baca Juga: Ajukan Keluhan Terhadap Trump, TikTok Punya Waktu Hingga November Mendatang

Disisi lain, Trump menambahkan bahwa ia belum tahu siapa yang akan diusulkan dan dipilih, namun Trump optimis akan memenangkan pemilihan tersebut.

"kami memenangkan pemilihan dan itulah konsekuensinya," ujar Trump.
Trump sudah melakukan pembicaraan tentang pemilihan calon Hakim Mahkamah Agung kedepan.

“Kami punya banyak waktu, Kita membicarakan tentang pelantikan presiden ke depan pada 20 Januari mendatang," lanjut Trump

Susan Collins dari Maine mengatakan bahwa pertarungan pemilihan ulang merupakan hal yang sulit, dan meyakini bahwa yang akan menggantikan Ginsburg atas dasar keputusan presiden AS yang terpilih pada 3 November 2020.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: AP News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X