Timor Leste Diambang Kebangkrutan! Xanana Gusmao : Masyarakat Akan Mati!

- 22 September 2020, 06:42 WIB
Parah! Xanana Gusmao Jengkel dengan Negaranya Sendiri dan Suruh Rakyatnya Minggat dari Timor Leste /ANTARA/Suwanti

JURNAL PRESISI - Pada Operasi Seroja yang dilaksanakan puluhan tahun silam, José Alexandre "Kay Rala Xanana" Gusmão, atau yang biasa dipanggil Xanana Gusmao, adalah target utama dari ABRI.

Bisa difahami, karena pada waktu itu, Xanana Gusmao dianggap sebagai dinamo yang mematik gerakan pendukung kemerdekaan Timor Leste.

Pasca mendapatkan kemerdekaan, Xanana Gusmao dupuja layaknya pahlawan oleh masyarakat Timor Leste, ia bahkan dijadikan Presiden pertama negara.

Baca Juga: KPK Kecewa, Korupsi Sebagai Kejahatan Luar Biasa Malah dapat Potongan Penjara dari MA

Akan tetapi disaat yang sama, Xanana Gusmao harus mengingat pernyataan terkenal dari mendiang Bung Karno.

"Perjuanganku lebih mudah karena menghadapi Asing, namun perjuanganmu berat karena harus menghadapi saudara sebangsamu sendiri".

Ya, kini Xanana Gusmao harus menghadapi saudara sebangsanya sendiri untuk memajukan Timor Leste jika tak mau sengsara kedepannya.

Dikutip Zonajakarta.com dari The Oekusi Post, Senin (21/9/2020) sebuah laporan trimestral dari Banco Central Timor-Leste (BCTL) baru-baru ini mengumumkan bahwa dana abadi minyak bumi Timor Leste (Fundu Petróleu) saat ini telah mencapai $ 18,4 miliar.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Zonajakarta dengan judul : "Parah! Xanana Gusmao Jengkel dengan Negaranya Sendiri dan Suruh Rakyatnya Minggat dari Timor Leste"

Halaman:

Editor: Daafa Alhaqqy

Sumber: Zonajakarta


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X