Laut China Selatan Memanas, Tiongkok Kepung Taiwan dan Indonesia

- 22 September 2020, 18:33 WIB
Sebuah kapal Penjaga Pantai Tiongkok (kanan) berpatroli di dekat anjungan minyak China, Haiyang Shi You 981 (kiri) di Laut China Selatan (13/6/2014). ANTARA/REUTERS/Nguyen Minh/aa. (REUTERS/STRINGER Vietnam) /

JURNAL PRESISI - Perkembangan terkini dari konflik Laut China Selatan, China semakin menjadi-jadi dalam mewujudkan ambisinya untuk menguasai Laut China Selatan.

Saat ini, China berhadapan dengan negara-negara kecil terkait dengan konflik teritorial dan kekayaan laut.

Tak tanggung-tanggung, kali ini China membanjiri selat Taiwan yang ada di ujung utara Laut China Selatan dengan pesawat tempurnya selama dua hari pada minggu lalu.

Baca Juga: Waduh, Kemnaker Ungkap Penyebab Bantuan Subsidi Gaji Tahap 4 yang Belum Cair Hari Ini

Hal ini salah satu upaya untuk mengintimidasi Taiwan. Latihan militer China yang dilakukan di Selat Taiwan ini dilakukan bertepatan dengan kunjungan dari utusan Amerika Serikat ke Taiwan untuk berunding dan menghadiri upacara memperingati mantan Presiden Taiwan Lee Teng-Hui yang berjasa dalam memimpin transisi demokrasi dalam menghadapi China. 

Kementerian Pertahanan China menyebutkan bahwa ada sebanyak 32 pesawat berada di Laut China Selatan. Pesawat ini terdiri dari berbagai jenis pesawat tempur, diantaranya adalah empat bomber dan satu pesawat perang anti kapal selam.

Pesawat-pesawat ini melintasi zona pertahanan udara Taiwan pada hari Jumat dan Sabtu kemarin.

Baca Juga: Rezeki Lagi Seret ? Lakukan 4 Amalan Mudah Ini untuk Memperlancar Datangnya Rezeki

Untuk diketahui, Selat Taiwan merupakan tempat yang strategis dimana merupakan rute transit tersibuk yang ada di Laut china Selatan. 

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X