Waduh! Indonesia di Blacklist Afrika Selatan, Ada Apa ?

- 21 Oktober 2020, 18:57 WIB
Warga Afrika Selatan Gelar Protes Terhadap Iklan Sampo Rasis.*/PIXABAY /

JURNAL PRESISI - Akibat adanya pandemi Covid-19 telah menyebabkan beberapa negara harus berhati-hati dalam menerima kunjungan dari warga negara lain untuk membatasi penyebaran Covid-19.

Salah satu dari negara di dunia, yakni Afrika Selatan melakukan langkah antisipasi untuk mengerem kunjungan warga negara lain ke dalam negaranya. Indonesia menjadi daftar negara yang berisiko tinggi terhadap Covid-19

Dikutip dari RRI, Departemen Dalam Negeri Afrika Selatan melakukan peninjauan terhadap daftar negara yang memiliki risiko tinggi dalam Covid-19 yang kemudian akan dilarang memasuki negara ini.

Baca Juga: Memiliki Bibir Tidak Simetris? Ini Tips untuk Mendapatkan Bentuk Bibir yang Sempurna

Baca Juga: Transfer Saldo Pakai ShopeePay Gampang Banget! Cukup Ikuti 5 Langkah Berikut

Hal ini berdasar pada aturan lockdown tingkat satu yang dilakukan pemerintah Afrika Selatan untuk menyelamatkan dan melindungi warga Afrika Selatan beserta perekonomian negara tersebut. 

"Kami mengapresiasi kontribusi ekonomi signifikan yang mereka berikan melalui aktivitas mereka di negara ini. Untuk tujuan ini, kami juga akan mengizinkan pengunjung, dalam kategori apa pun, yang datang untuk tinggal selama tiga bulan atau lebih dengan tunduk pada protokol Covid-19," dikutip dari pengumuman yang dibuat oleh pemerintah setempat. 

 Lebih lanjut, Afrika Selatan dengan tegas menyatakan bahwa pelancong yang berasal dari negara yang masuk risiko tinggi dalam penyebaran Covid-19 dilarang masuk ke negaranya.

Hal ini terkecuali dalam hal diplomasi, bisnis, investor, repatriasi, dan untuk orang yang berpartisipasi dalam olahraga profesional. Namun hal ini dengan catatan bahwa mereka yang diizinkan memasuki Afrika Selatan wajib mentaati protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X