Mengejutkan! Studi Terbaru Ilmuwan China Temukan Virus Corona Babi Berpotensi Dapat Tulari Manusia

- 22 Oktober 2020, 07:03 WIB
ilustrasi COVID-19. /- Foto : Wlox

JURNAL PRESISI - Masa genting pandemi belum usai, ilmuwan China kembali menemukan virus baru yang berasal dari binatang babi.

Dilansir dari Express, studi terbaru mengklaim bahwa menemukan virus corona SADS-CoV dari babi yang memiliki potensi menular ke manusia.

jenis virus baru SADS-CoV ini dapat ditemukan dan bisa berkembang biak pada sel paru-paru masnusia, sel saluran pernapasan, dan sel usus.

Baca Juga: Beginilah Perkiraan Nasib Perekonomian Minyak Bumi Pasca Pandemi Virus Corona

Para ilmuwan didesak oleh para peneliti untuk tetap memantau perkembangan virus baru tersebut. Pasalnya, memungkinkan sebagai resiko potensial untuk untuk mempengaruhi kesehatan global.

Pandemi Covid-19 saat ini sudah mendunia juga merupakan zoonosis yang memiliki arti penyakit manusia yang berasal dari suatu hewan.

SADS-CoV sendiri dikhawatirkan juga menjadi zoonosis yang mempunyai kemampuan untuk berkembang biak di sel manusia. Namun, sejauh ini, virus baru tersebut hanya menyerang babi yang ada di China.

Baca Juga: Norovirus Lebih Galak Daripada Covid-19? Simak Penjelasan Berikut

Kendati virus babi SADS-CoV ini memiliki kepanjangan Swine Acute Diare Syndrom Virus yang sampai saat ini mewabah di China dalam beberapa waktu terakhir.

Tepatnya tahun 2016 virus ini ditemukan yangmana menyebabkan diare yang parah pada babi dan jika anak babi terinfeksi maka 90 persen memungkinkan kematian.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Express


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X