Patut Dicontoh! Negara Ini Siapkan Hukuman 2 Tahun Penjara Bagi Warga yang Ketahuan Tanpa Masker

- 23 Oktober 2020, 10:43 WIB
Pagar Penjara /

JURNAL PRESISI - Rendahnya kepatuhan warga dalam berinteraksi menyebabkan penyebaran Covid-19 semakin tak terbendung.

Hal membuat seorang jaksa agung di Ethiopia mulai memberlakukan hukuman penjara selama 2 tahun bagi pelanggar aturan pembatasan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pembatasan itu berupa larangan berjabat tangan, tidak memakai masker di area publik, duduk lebih dari 3 orang dalam satu meja atau tidak menjaga jarang, minimal 2 langkah ukuran orang dewasa.

Melansir Reuters, Menteri Kesehatan Ethiopia. lia Tedesse melalui postingan twitternya pada kamis, 22 Oktober 2020 menyatakan, "sekarang seolah-olah orang menganggap COVID sudah tidak ada, publik tidak lagi peduli. Ini menyebabkan kemungkinan meningkatnya penyebaran penyakit dan berpotensi menjadi ancaman nasional."

 

Baca Juga: Ilmuwan Muslim Ini Beberkan Peran Penting Pemerintah Dalam Penanggulangan Covid-19

Ethiopia merupakan negara dengan penduduk terbanyak kedua di Afrika dan pemerintah pusat, mengumumkan darurat negara pada bulan April untuk menanggulangi penyebaran pandemi Covid-19. Darurat negara ditingkatkan ke level yang lebih tinggi pada bulan September lalu.

Kementerian Kesehatan mencatat terdapat 91.118 kasus, 1.384 dinyatakan meninggal dan 44.506 sembuh.

Pandemi mencapai puncaknya pada akhir agustus, namun hal ini sulit untuk diketahui angka sesungguhnya karena tes yang dilakukan menghadapi kendala terbatasnya sumber daya atau ketersediaan alat tes.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X