Nyatakan Menolak Izin Tambang Emas PT SMN, Bupati Trenggalek Akan Surati Gubernur Jatim untuk Mengkaji Ulang

- 14 Maret 2021, 21:00 WIB
Bupati Trenggalek M. Nur Arifin didampingi Forpimda /

JURNAL PRESISI - Terkait dengan permohonan izin tambang emas PT Sumber Mineral Nusantara (SMN), Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin akan bersurat ke Pemprov Jawa Timur agar dikaji ulang.

Menurutnya, perizinan yang telah diterbitkan tidak visibel dengan kondisi sosiokultural dan ekologi di daerahnya.

"Kami akan secara resmi bersurat ke Pemprov Jatim agar mencabut perizinan yang telah diterbitkan," ujar Bupati Nur Arifin, dikutip dari Antara, Minggu, 14 Maret 2021.

Baca Juga: Saling Lapor, Kini Andi Mallarangeng Dilaporkan Kubu KLB Partai Demokrat Atas Tuduhan Fitnah

Bupati Trenggalek akan menyampaikan dan menuangkan semua alasan dan aspirasinya menolak tambang emas pada surat resmi yang dilayangkan tersebut kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa

Dalam surat tersebut, ia menyampaikan beberapa pertimbangan yang disepakatinya bersama jajaran pemerintahannya dan segenap warga Trenggalek yang menolak penambangan emas tersebut dalam skala masif dan luas.

Pria yang kerap disapa Gus Ipin ini membeberkan bahwa salah satu alasan penolakannya adalah tidak adanya transparansi terkait hasil studi kelayakan penambangan pada masa eksplorasi.

Baca Juga: Kubu KLB Partai Demokrat Laporkan Andi Mallarangeng, Ini Tuduhannya

Tak hanya itu, Gus Ipin juga menilai area konsesi penambangan yang diberikan Dinas ESDM Jatim ke PT SMN masih banyak bersinggungan dengan kawasan hutan lindung, pemukiman warga, serta kawasan bentang alam dan ekosistem kars.

Halaman:

Editor: Avilia Primaturin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X