RESMI! Surabaya, Sidoarjo dan Gresik Sepakat Melakukan PSBB Jilid 3

- 25 Mei 2020, 19:37 WIB
Pramesti (kiri) saat jumpa pers bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono serta Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Covid 19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi di Gedung Negara Grahadi Surabaya Kominfo Jatim

JURNAL PRESISI -  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya resmi diperpanjang. Sebelumnya, PSBB jilid dua resmi berakhir, pada Senin, 25 Mei 2020.

Menurut Sekrekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Heru Tjahjono, Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo sepakat memperpanjang PSBB. Kesepakatan itu disetujui setelah Forkompimda Jawa Timur (Jatim) bersama Pemkot Surabaya, Pemkab Sidoarjo dan Gresik menggelar rapat koordinasi.

“Keputusan ini diambil oleh pemerintah kabupaten/kota masing-masing. Gubernur hanya kepanjangan tangan pemerintah pusat saja untuk memediasi dan mengevaluasi PSBB,” kata Heru ketika konferensi pers di Grahadi, pada Senin, 25 Mei 2020.

Baca Juga: PSBB Surabaya, Sidoarjo, Gresik Diperpanjang, Masyarakat Menjerit

Sekda Sidoarjo, Achmad Zaini mengatakan, sebelum sepakat untuk memperpanjang PSBB, Pemkab Sidoarjo melakukan rapat evaluasi. Hasilnya, angka positif COVID-19 masih mencapai 533 kasus.

Karena itulah, Pemkab Sidoarjo akan merevisi Perbub yang digunakan pada PSBB kedua. Selain itu, Pemkab Sidoarjo akan melakukan pemberdayakan di desa, RT, hingga RW.

“Kami juga akan tambahkan kampung tangguh,” katanya.

Dengan PSBB ketiga ini, Pemkab Sidoarjo berharap kasus positif COVID-19 bisa melandai.
Sama dengan Sidoarjo, Pemkab Gresik juga telah setuju untuk melaksanakan PSBB ketiga. Alasannya jumlah yang positif masih 132 kasus, per hari ini 25 Mei 2020.

Baca Juga: Report COVID-19 di Jawa Timur per 24 Mei 2020, Tambahan Pasien 473 Orang, Sembuh 39 Orang

Plh Sekda Kabupaten Gresik, Nadlif, mengatakan untuk tetap membatasi pergerakan masyarakat teutama di desa dan kecamatan. Selain itu, juga melakukan pembatasan mobilitas di perbatasan Gresik-Surabaya, Gresik-Lamongan, dan Gresik-Mojokerto.

Halaman:

Editor: Ben Sihotang


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X