Mulai Besok, Warga Jawa Timur Siap-siap Kena Denda Rp250 Ribu Jika Langgar Aturan Ini

- 13 September 2020, 23:05 WIB
Pencatatan berita acara penyitaan KTP oleh petugas Satpol PP Jatim. //Afrizal //Kominfo Jawa Timur 

JURNAL PRESISI - Sesuai instruksi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang diatur dalam Pergub Nomor 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Ketegasan dalam penindakan pelanggaran protokol kesehatan akan diperketat.

Dalam Pergub tersebut juga diatur mengenai denda terendah yang harus dibayarkan pelanggar yakni sebesar Rp250 ribu.

Hal tersebut dibenarkan oleh pernyataan Kepala Satpol PP Jawa Timur, Budi Santoso bahwa mulai besok peraturan tersebut sudah berlaku, Satpol PP selaku pengawal aturan tersebut akan secara tegas menindak pelanggar protokol kesehatan Covid-19 dengan teguran hingga sanksi administratif perorangan.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber Ditusuk Orang Tak Dikenal, Begini Kronologinya

"Mulai teguran lisan, paksaan pemerintah dengan membubarkan kerumunan dan penyitaan KTP, kerja sosial, serta denda administratif sebesar Rp250 ribu," ujar Budi.

Tak hanya itu, kewajiban yang harus dilakukan masyarakat di tengah pandemi ini diantaranya cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau gunakan hand sanitizer, menjaga jarak dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Penerapan sanksi bagi pelanggar perorangan itu diterapkan mulai 14 September 2020 (Senin, Red) merujuk Pergub yang menjelaskan penerapan terhitung tujuh hari sosialisasi sejak diundangkan," sambung Budi, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Tanpa PSBB Total, IDI Tawarkan Opsi Ini yang Dapat Diterapkan Pemda

Selain sanksi bagi pelanggar perorangan, sanksi juga diberlakukan pada sektor pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum.

Adapun kewajiban bagi pelaku usaha adalah ikut menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat yerkait pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Portal Jember


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X