Horee! Warga Surabaya Sekarang Bisa Swab Tes Gratis Selama 24 Jam Nonstop di Tempat Ini

- 16 September 2020, 16:39 WIB
Ilustrasi tes usap atau swab test. /Pikiran-rakyat.com/Ade Bayu Indra/

JURNAL PRESISI – Kabar gembira bagi warga Surabaya kini bisa memanfaatkan fasilitas Swab Tes (tes usap) Covid-19 secara gratis kapan saja di Laboratorium Kesehatan Daerah Surabaya yang baru diresmikan oleh Wali Kota Tri Rismaharini pada Selasa, 15 September 2020.

LABKESDA yang berada di Jalan Gayungsari No 124 Kota Surabaya ini melayani usap tes selama 24 jam setiap hari. Tak perlu menunggu lama untuk menunggu hasilnya, hanya butuh waktu sekitar 1 jam atau 1,5 jam warga sudah memperoleh hasil tes tersebut.

"Seperti para sopir atau pengusaha yang sering keluar kota dan mungkin datangnya malam-malam, saya harap sebelum masuk rumah tes dulu di sini. Karena ini buka 24 jam nonstop, supaya kalau masuk ke rumahnya sudah dalam kondisi aman, kasihan keluarganya nanti kalau tertular, apalagi ini tesnya gratis untuk warga Kota Surabaya," ujar Risma saat peresmian LABKESDA Selasa 15 September 2020 seperti dikutip dari Antara .

Baca Juga: Penyerangan Syekh Ali Jaber Bukan Pertama Kali, KH Ali Maksum Pernah Dipukul Linggis Saat Pengajian

Fasilitas tes usap gratis dan cepat ini khusus untuk warga Kota Surabaya saja, namun bagi warga luar kota Surabaya yang ingin memanfaatkan fasilitas ini akan dikenai biaya Rp 120 ribu saja. Pengenaan biaya ini sesuai Perda untuk biaya pemeriksaan.

"Meskipun peralatannya kami diberi BNPB dan swasta, tapi dalam Perda kami ada ketentuan biaya Rp120 ribu itu. Saya kira itu sudah sangat murah sekali," terang Risma

Risma menambahkan jika hasilnya negatif warga bisa pulang dengan tenang dan aman, namun jika hasilnya positif, disarankan langsung untuk melakukan isolasi yang disediakan di Asrama Haji bagi yang tanpa gejala. 

Sampel yang disediakan di LABKESDA sebanyak 2.000-4.000 sampel setiap harinya yang hasilnya dapat diketahui maksimal 3 hari.***

 

Editor: Zaini Rahman

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X