Ayo Tertib Mulai Sekarang! Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Kini Tegas Tindak Pelanggar Prokes

- 17 September 2020, 13:06 WIB
Launching Tim Pemburu Pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19 /

JURNAL PRESISIKapolda Jatim resmi luncurkan Tim Pemburu Pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19 untuk masyarakat yang masih nekat mengabaikan protokol kesehtan yang telah ditetapkan (16/9).

Hal tersebut adalah sebagai bentuk ketetegasan dimana masih banyak masyarakat yang kurang peduli akan adanya wabah pandemi covid-19 yang hingga kini belum tuntas penangannya.

Sanksi mengenai penegakan hukum dalam menerapkan protokol kesehatan telah diatur dalam perda nomor 2 tahun 2020. Namun hingga kini masih banyak masyarakat yang belum menerapkan dengan sadar. Telah terakumulasi sejumlah 3.624 teguran selama kurun waktu dua hari, sejak tanggal 14 dan 15 September 2020.

Baca Juga: Pencairan BLT Subsidi Upah Terlihat Dalam 2 Hari, Segera Cek Dengan Cara Ini

Dengan rincian teguran lisan sejumlah 2.738, kemudian disusul dengan teguran tertulis sebanyak 886, sanksi sosial terhitunng 1.933, dan denda administrasi 538 kaitanya dengan badan usaha.

Total jumlah rupiah yang telah berhasil seluruh jajaran Polda Jatim dapat kumpulkan sebesar Rp21.143.000 juta rupiah, tidak main-main denda yang dikumpulkan dalam kurun waktu dua hari di wilayah Jatim. Selain sanksi berupa uang, penyitaan identitas seperti KTP juga dilakukan. Tak lain agar pelanggar jera dan patuh akan peraturan yang telah di tetapkan.

Polda Jatim berhasil menyita 190 KTP bagi masyarakat yang tertangkap basah tidak mengindahkan peraturan yang ada. Pelanggaran itu terjadi di berbagai tempat seperti pasar, stasiun, pusat perbelanjaan, maupun mobil pribadi.

“Kita lakukan penindakan hukum pada nomor 2 tahun 2020, tentang protokol kesehatan, masyarakat yang banyaj melanggar yaitu tidak tertib menggunakan masker,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo.

Baca Juga: Tak Ingin Citra Muslim Korea Tercoreng Gara - gara Ulahnya, Daud Kim Mundur dari Media Sosial

Khofifah Indar Parawansa, selaku Gubernur Jatim juga menyetujui dan menyambut baik akan peluncuran Tim Pemburu Pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19 ini.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Tribrata News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X