Alhamdulillah, Ribuan Bed Covid-19 Kosong, Tingkat Kesembuhan Pasien di Surabaya Meningkat

- 18 September 2020, 15:11 WIB
Dokumen pasien yang menjalani isolasi di hotel Asrama Haji di Surabaya /

JURNAL PRESISI - Febria Rachmanita selaku Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya memaparkan bahwa sejumlah tempat yang dikhususkan untuk pasien Covid-19 sudah banyak yang kosong. Terhitung 1.101 bed sudah tidak terisi, hal ini mengindikasikan bahwa kasus penularan Covid-19 di Surabaya perlahan mengalami penurunan.

“Berdasarkan data terbaru hingga hari ini Kamis (17/9/2020), jumlah bed yang kosong mencapai 1.101. jumlah itu dihitung dari semua bed atau tempat tidur di rumah sakit se Kota Surabaya. Jumlah ini terus kami update secara berkala,” tutur Kepala Dinkes tersebut.

Banyaknya bed yang sudah tidak terisi lagi membuktikan bahwa tingkat kesembuhan di Kota Pahlawan tersebut sangat tinggi. Hal ini juga didukung ketersediaan ventilator yang mekanik yang siap digunakan sejumlah 68 ventilator, dan ventilator pada ruang ICU sejumlah 50 bed tak berpenghuni.

Baca Juga: Perbuatan Kebaikan akan Selalu Mengiringi Harimu Jika Amalkan 5 Ayat Al-Quran Ini

Selain itu juga ketersediaan tempat tidur pada ruangan bertekanan negatif dengan ventilator yang hingga kini masih tersedia sejumlah 22 ruangan yang sudah kosong dan siap digunakan kembali.

“Setiap hari terus kami pantau perkembangannya. Alhamdulillah banyak pasien yang pulang dari rumah sakit, sehingga banyak bed yang kosong,” kata Febria selaku Dinkes Kota Surabaya.

Febria juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan pribadi, dan kesehatan keluarga, ataupun orang lain yang ada di luar sana. Tetap memeatuhi protokol kesehatan, sering mencuci tangan, tidak berkerumun, dan tentunya menggunakan masker pada setiap kegiatan baik di rumah ataupun di luar rumah.

Baca Juga: Pilih Transaksi Digital Selama Masa PSBB, Simak Cara Top Up ShopeePay

“Tentunya, semua pihak berharap virus ini bisa cepat hilang dari Surabaya, sehingga ayo kita bersama-sama tetap menjaga protokol kesehatan yang telah ditetapkan, dengan disiplin menjaga protokol kesehatan, yakinlah ini semua akan segera pulih,” tambahnya.

Akumulasi kasus covid-19 hingga pada Kamis, 17 September 2020 di wilayah Jawa Timur mencapai 39.508 orang yang telah terkonfirmasi. Dengan rincian pasien sembuh sejumlag 31.866 orang, pasien meninggal 2.896 orang, pasien yang sedang dalam perawatan sejumlah 4.746 orang, dan pasien positif covid-19 atau suspect sejumlah 7.655.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Humas Surabaya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X