Jangan Remehkan Masuk Angin, Bisa Jadi Itu Gejala Serangan Jantung, Simak Penjelasan Ahlinya!

- 8 Agustus 2020, 07:00 WIB
ILUSTRASI Serangan Jantung /PIXABAY/

JURNAL PRESISI – Serangan jantung termasuk penyakit paling berbahaya di dunia hingga WHO menjuluki sebagai pembunuh nomer satu dan tidak pandang usia.

Bahkan orang yang sebelumnya terlihat bugar dan sedang melakukan aktivitas olahraga pun bisa mendadak terkena serangan jantung.

Terdapat beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya serangan jantung salah satunya aktivitas yang terlalu berat, stres dan bahkan jenis olahraga yang kompetitif juga dapat memicu serangan jantung

Baca Juga: Kabar Baik! Bebas Denda dan Diskon Pajak Kendaraan Bermotor Diperpanjang Hingga Akhir Tahun

Ignatius Yansen NG dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Eka Hospital Bekasi mengatakan beban kerja berat yang memicu terjadinya stres dapat memicu serangan jantung.

Selain itu Yansen juga menyebut jika gejala serangan jantung tidak selalu ditandai gejala nyeri dada, bahkan sering dijumpai gejalanya sehari – hari yang menurut istilah awam biasa disebut masuk angin.

"Orang awam suka bilang masuk angin, gejala seperti angin duduk, muntah-muntah, keleyangan, yang terjadi penyumbatan tiba-tiba pembuluh darah. Pembuluh darah yang kasih makan kesumbat akibatnya jantung tidak berfungsi dengan baik," terangnya seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Wow! Mulan Jameela Pakai Baju Olahraga yang Bikin Netizen Gagal Fokus

Seperti yang pernah dialami presenter Jeremy Teti pada tahun 2016 ketika sedang bermain tenis tiba – tiba ia merasakan gejala seperti masuk angin yakni pusing, muntah dan seperti asam lambung naik ketika latihan.

Setelah diperiksa dokter dinyatakan ada penyumbatan di pembuluh darah Jeremy yang terletak di bawah jantung. Sehingga harus dilakukan katerisasi dan pemasangan ring di jantungnya

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X