Jangan Sembarangan, Pakar Kesehatan Ungkap Masker Kain Harus Rutin Dicuci Karena Hal Ini

- 20 September 2020, 20:38 WIB
Masker kain (Pixabay) /

 

JURNAL PRESISI - Penggunaan masker kain di masa pandemi Covid-19 cukup efektif dalam mencegah penularan virus. Akan tetapi sampai kini para peneliti belum menemukan berapa lama jangka waktu virus corona yang menempel pada masker kain.

Namun, berdasarkan sebuah penelitian di bulan April, virus corona ternyata masih terdeteksi aktif di dalam masker bedah walaupun dalam jangka waktu selama tujuh hari setelah terpapar.

Maka dari itu, menjaga agar masker selalu dalam kondisi bersih sangatlah penting salah satunya yakni dilakukannya pencucian rutin jika masker memiliki bahan kain.

Baca Juga: Link Live Steraming Timnas U-19 Vs Qatar Malam Ini! Garuda Muda Waspadai Misi Revans Qatar

Dilansir dari Antara, Dr. Muhammad Fajri Adda’i selaku pakar kesehatan juga praktisi klinik sekaligus relawan Covid-19 menyampaikan bahwa mencuci masker kain setiap selesai digunakan merupakan rekomendasi yang tepat.

Fajri menuturkan untuk pencucian masker kain menggunakan air panas lalu direndam selama kurang lebih lima menit setelah itu dicuci menggunakan deterjen.

Dalam proses pengeringan, sebaiknya dijemur di bawah sinar matahari langsung agar masker tersebut benar-benar steril.

Baca Juga: Link Live Streaming Chelsea Vs Liverpool: The Blues Tampil Pincang Hadapi Juara Bertahan

Jika anda bepergian menggunakan masker lalu ingin melepasnya, lebih baik simpanlah di tas yang dikhususkan untuk masker agar tetap terjaga kebersihannya.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X