Termasuk Salah Satu Kunci Hidup Sehat, Inilah 7 Alasan Pentingnya Meningkatkan Kualitas Tidur

- 21 Februari 2021, 17:11 WIB
Tidur nyenyak mampu menghindarkan kita dari depresi hingga obesitas /Pexels/Ketut Subiyanto/

JURNAL PRESISI - Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan Anda. Faktanya, aktivitas tersebut sama pentingnya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Sayangnya, banyak sekali hal yang dapat mengganggu pola tidur, hingga sangat susah mendapatkan atau merasakan tidur nyenyak. Orang-orang sekarang memiliki jam tidur yang sangat singkat, selain itu kualitas tidurnya juga menurun.

Berikut 10 alasan mengapa tidur yang nyenyak itu penting.

1. Memiliki kualitas tidur yang baik berpengaruh terhadap berat badan

Orang dengan durasi tidur yang singkat cenderung memiliki berat badan yang lebih daripada mereka yang cukup tidur. Durasi tidur yang singkat merupakan salah satu faktor risiko terkuat terjadinya obesitas.

Dalam satu studi review ekstensif, anak-anak dan orang dewasa dengan durasi tidur yang singkat memiliki kemungkinan 89% dan 55% meningkatkan resiko obesitas.

Baca Juga: Tidak hanya dari Matahari,5 Makanan ini Memiliki Sumber Vitamin D Terbaik!

2. Tidur nyenyak cenderung membuat konsumsi kalori lebih sedikit

Studi menunjukkan bahwa individu yang kurang tidur memiliki nafsu makan yang lebih besar dan cenderung makan lebih banyak kalori.

Kurang tidur mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan dan diyakini menyebabkan regulasi nafsu makan yang buruk. Ini termasuk tingkat ghrelin yang lebih tinggi, hormon yang merangsang nafsu makan, dan penurunan kadar leptin, hormon yang menekan nafsu makan.

3. Tidur yang nyenyak dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Healthline


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X