Rahasia Jaga Berat Badan Tetap Ideal dengan Pola Makan Teratur, Simak Ulasan Menurut Ahli

- 22 Februari 2021, 15:35 WIB
Ilustrasi wnita sedang makan.* /Unsplash/@gardiept

JURNAL PRESISI – Pola makan yang teratur akan mempengaruhi untuk menjaga berat badan ideal menurut para ahli.

Melansir laman Indian Express dalam studi jurnal Eating Behavior, memulai makan secara teratur akan dapat mempertahankan berat badan ideal.

Lebih dari itu, melakukan kegiatan olahraga serta mengkonsumsi makanan sehat dan membiasakan diri melalui makan teratur sangatlah penting juga membantu dalam menejemen berat badan.

Baca Juga: Diet Ekstrem Bisa Sebabkan Gangguan Jantung Tanpa Disadari, Inilah Bahaya yang Mengancam

“Dalam prakteknya, orang didorong untuk menurunkan berat badan, sedangkan hasil penelitian populasi kami yang luas menunjukkan bahwa menurunkan berat badan bukanlah metode manajemen berat badan yang efektif dalam jangka panjang,” ujar peneliti dan ahli terapi nutrisi di University of Helsinki di Finlandia, Ulla Karkkainen.

“Seringkali, orang mengelola kelebihan berat badan mereka dengan berdiet dan melewatkan makan. Dalam jangka panjang, pendekatan semacam itu tampaknya benar-benar mempercepat menjadi lebih gemuk, daripada mencegahnya,” imbuh Karkkainen.

Pada keperluan studi, tim peneliti telah melibatkan 5.000 orang pria dan wanita muda untuk menjawab survei mengenai faktor yang mempengaruhi perubahan berat badan ketika berusia 24 tahun dan pada 10 tahun kemudian atau di usia 34 tahun.

Baca Juga: Inilah Khasiat Beras Merah untuk Turunkan Berat Badan hingga Kontrol Diabetes dalam Tubuh

Pada wanita antara usia 24-34 tahun, kenaikan berat rata-ratanya adalah 0,9 kg per tahun, sedangkan pada pria 1 kg.

Halaman:

Editor: Jazila Nailatunni'mah

Sumber: Indian Express


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X