Aduh! Ternyata Masker Sangat Berbahaya Bagi Anak di Bawah Usia 2 Tahun

- 29 Mei 2020, 17:22 WIB
ILUSTRASI masker kain.* /ANTARA

JURNAL PRESISI – Saat Pandemi sekarang ini, WHO mewajibkan setiap orang menggunakan masker. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19.

Namun ternyata penggunaan masker bagi anak-anak dibawah 2 tahun justru tidak disarankan. Hal ini dikarenakan pernapasan anak dibawah 2 tahun menjadi terhambat.

Sebuah kelompok medis jepang menyatakan, Anak-anak di bawah usia 2 tahun tidak boleh menggunakan masker karena dapat membuat sulit bernafas.

Baca Juga: JK Rowling Akan Luncurkan Buku, 'The Ickabog' Dongeng Anak Untuk Menemani Saat Pandemi

Asosiasi Pediatri Jepang menghimbau jika masker terlalu beresiko jika digunakan pada bayi.

Pemakaian masker juga akan membuat kinerja jantung anak menjadi berat. Hal tersebut membuat bayi beresiko lebih tinggi mengalami serangan jantung.

“Masker dapat menyebabkan kesulitan bernapas karena bayi memiliki saluran pernapasan yang sempit. Maka hentikan pemakaian masker pada anak dibawah 2 tahun, ” seperti yang dikutip dari pernyataan di website Asosiasi Pediatri Jepang.

Baca Juga: Khawatir Penerapan Protokol Kesehatan Pada Anak, Muncul Petisi Tunda Proses Belajar di Sekolah

Dikatakan bahwa sejauh ini jepang masih sedikit kasus penularan corona pada anak-anak. Sebagian besar anak-anak tertular dari anggota keluarga, dengan hampir tidak adanya penularan wabah yang terjadi di sekolah atau tempat penitipan anak.

Halaman:

Editor: Eggy Awang

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X