Inspiratif, Seniman Freelancer ini Punya Klien Mancanegara dengan Omset Puluhan Juta Tiap Bulan

- 29 Juni 2020, 18:19 WIB
Portofolio karya Mochammad Fajar Shobaru, pemuda Indramayu, Jawa Barat yang menjadi freelance artist dan memiliki ribuan klien mancanegara. - Foto: mfshobaru.com

JURNAL PRESISI - Perjalanan Mochammad Fajar Shobaru menjadi seniman frelance yang terkenal saaat ini dimulai tahun 2015.

Fajar merupakan pemuda pantai utara (Pantura) tepatnya Indramayu, tengah menuntut ilmu di sebuah Universitas di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Di sela-sela magang di sebuah studio, ia mulai memikirkan bagaimana cara mendapat uang tambahan dengan menggambar.

Baca Juga: Peta Pertarungan Pilpres 2024 Terbaru, Elektabilitas Tertinggi Prabowo, Ganjar, lalu Ridwan Kamil

Seiring berjalannya waktu, secara tak terduga di tahun 2020 ia telah menjadi freelance artist yang melayani order ribuan jasa ilustrasi dari klien di seluruh dunia.

Sekarang, Fajar mampu menggaet klien mancanegara yang berasal dari Amerika, Timur Tengah hingga Eropa.

Pemuda Indramayu tersebut tentu tidak melewati proses instan hingga bisa melayani ribuan klien dari mancanegara seperti sekarang.

“Pas zaman kuliah, cari cara gimana dapat uang tambahan lewat menggambar ilustrasi. Baca-baca di internet tentang freelance artist, bagaimana cara dapat klien, proses kerja, sampai mengatur waktu,” ungkap Fajar.

Baca Juga: Gagal di Liga Primer, Pep Guardiola Incar Trofi Piala FA Sebagai Pelipur Lara

Awalnya pemuda berusia 25 tahun ini sempat tidak yakin bisa mendapatkan klien. Butuh berbulan-bulan untuk Fajar akhirnya mendapatkan klien tetap.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Seputar Tangsel


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X