Status Siaga level 2, Gunung Raung Alami Puluhan Kali Gempa Tremator, Begini Penjelasan PVMBG !

- 24 Januari 2021, 06:58 WIB
Kondisi Terkini Gunung Raung yang naik ke level waspada /BNPB

JURNAL PRESISI - Gunung Raung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, kini mengalami aktivitas yang terus meningkat, pada Sabtu (23/1/2021).

Berdasarkan pengamatan bahwa dalam beberapa jam terakhir terekam sebanyak puluhan gempa tremor dan belasan kali gempa hembusan.

Seiring semburan asap yang berwarna kelabu membumbung setinggi lima ratus meter, yang congdong ke arah timur dan timur laut mengikuti arah angin.

Adapun aktivitas vulkanik Gunung Api Raung saat ini dalam status waspada level dua, hingga Sabtu masih mengalami erupsi pada skala kecil.

Baca Juga: Demi Buktikan Serius Melamar Kalina, Vicky Prasetyo Lakukan Hal yang Tak Biasa Ini !

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada pos pengamatan Gunung Api Raung yang berlokasi di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, melaporkan telab terjadi gempa tremor sebanyak 57 dan 13 kali gempa hembusan.

Gunung dengan ketinggian 3.332 dari permukaan laut itu secara terus menerus menyemburkan material vulkanik asap kelabu yang membumbung setinggi lima ratus meter.

Selain itu, Ketua Pos Pengamatan PVMBG Gunung Raung, Mukijo menjelaskan aktivitas vulkanik Gunung Raung pada status waspada level dua ini tidak mengganggu aktivitas warga masyarakat yang berladang di kaki Gunung Raung di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Kabupaten Bondowoso.

Baca Juga: Demi Buktikan Serius Melamar Kalina, Vicky Prasetyo Lakukan Hal yang Tak Biasa Ini !

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X