Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Sudah Dibuka, Berikut Syarat untuk Pendaftar Baru di Tahun 2021

- 24 Februari 2021, 10:13 WIB
Prakerja gelombang 12 telah dibuka! /tagkapan layar situs prakerja.go.id/

JURNAL PRESISIĀ - Pemerintah kembali melanjutkan program kartu prakerja dinl tahun 2021 ini. Hal tersebut diumumkan secara langsung oleh Menko Airlangga secara daring pada hari selasa, 23 Februari 2021.

Kartu prakerja sendiri adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Singkatnya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar. Untuk merespon dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 12 Resmi Dibuka Oleh Menko Airlangga Hartarto, Begini Ketentuan Terbaru di Tahun 2021

Untuk mendaftarkan diri dalam program kartu prakerja, tentu ada langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu. Berikut ini kami sebutkan langkah-langkah dan cara agar bisa lolos dalam program kartu prakerja.Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya adalah dengan mendaftarkan diri anda di situs resmi prakerja, yaitu prakerja.go.id.Namun, sebelum mendaftar pastikan beberapa hal terlebih dahulu. Seperti, WNI; Sudah berusia minimal 18 tahun; dan sedang tidak menempuh pendidikan formal. Setelah mendaftar, anda akan diferivikasi terlebih dahulu oleh sistem dari program kartu prakerja.

Langkah yang kedua, anda harus mengikuti sebuah tes yang diberikan oleh program kartu prakerja. Adapun tes yang harus diikuti ada dua, yaitu tes motivasi dan tes kemampuan dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang anda miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

Selanjutnya, langkah yang ketiga. Pilih pelatihan yang anda inginkan, pastikan anda mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang anda pilih.

Baca Juga: Wakil Indonesia Batal Ikut All England Setelah Turnamen Swiss Terbuka

Langkah yang terakhir, setelah anda menyelesaikan semua kelas yang anda pilih, nantinya akan ada pemberitahuan dari kartu prakerja terkait pencairan intensif. Setelah itu tinggak ditungga kapan pencairan dana intensif dari kartu prakerja dapat dicairkan.

Program kartu prakerja sendiri tidak diperuntukkan untuk beberapa pihak, seperti:

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: prakerja.go.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X