Juliari Batubara Perintahkan Dua Anak Buahnya untuk Tarik Komitmen 'Fee' Senilai Rp10 Ribu Per Paket Bansos

- 24 Februari 2021, 20:00 WIB
Mantan Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara.* /Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra

JURNAL PRESISI - Mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara disebut-sebut telah memerintahkan dua anak buahnya untuk menarik komitmen 'fee' sebesar Rp10 ribu per paket bantuan sosial (bansos) sembako Covid-19. Dua anak buah tersebut adalah Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso

Diketahui Adi Wahyono merupakan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Satuan Kerja Kantor Pusat Kemensos tahun 2020 serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan bansos sembako Covid-19 pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos bulan Oktober hingga Desember 2020. 

Sedangkan untuk Matheus Joko Santoso merupakan PPK pengadaan bansos sembako Covid-19 pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos bulan April hingga Oktober 2020.

Baca Juga: Tegaskan Larangan Nobar Piala Menpora, Zainudin Amali: Kecuali di Rumah Sendiri Bersama Keluarga

"Maka Juliari Peter Batubara mengarahkan Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso untuk menarik/mengumpulkan uang komitmen fee sebesar Rp10 ribu per paket dan juga 'fee' operasional dari penyedia bantuan sosial sembako," jelas jaksa penuntut umum (JPU) KPK Muhamad Nur Azis di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, pada Rabu, 24 Februari 2021. 

Hal ini terungkap dalam surat dakwaan terhadap dua terdakwa, yaitu Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja.

Melalui surat dakwaan tersebut, Juliari Batubara pada 16 April 2020 mengeluarkan Keputusan Menteri Sosial yang menjelaskan bahwa penanggung jawab pelaksanaan bantuan sosial sembako dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial untuk menyalurkan bansos berbentuk bansos di DKI Jakarta, kabupaten Bogor, kota Depok, kota Tangerang, kota Tangerang Selatan dan Bekasi.

Baca Juga: Terkait Dugaan Penyerobotan Lahan PTPN VIII di Megamendung, Polisi Periksa Para Penguasa Lahan

Diketahui Pagu Bansos di wilayah tersebut adalah sebesar Rp6,84 triliun dalam 12 tahap untuk April-November 2020 dengan tiap tahap sebanyak 1,9 juta paket sehingga totalnya 22,8 juta paket sembako.

Halaman:

Editor: Syifa'ul Qulub

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X