Banjir Rendam 19.433 Hektare Sawah di Bekasi -Jabar, Dinas Pertanian Bekasi: Petani Merugi Akibat Gagal Panen

- 24 Februari 2021, 22:16 WIB
Gubernur Jawa barat, Ridwan Kamil didampingi Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja menyambangi lokasi banjir di Babakan Banten, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Selasa 23 Februari 2021. /Instagram/@ridwankamil

JURNAL PRESISI - Diperkirakan 19.433 hektare sawah di Bekasi- Jawa Barat direndam banjir, sebagaimana diumumkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi.

Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Eem Lesmanasari menerangkan, bahwa banjir yang merendam kawasan sawah tersebut, mengakibatkan petani terancam gagal panen.

"Otomatis petani merugi akibat gagal panen di periode awal musim panen tahun ini karena tanaman padi yang rusak diterjang banjir," ucapnya sebagaimana dilansir dari Antara pada Rabu, tanggal 24 Februari 2021.

Baca Juga: BNPB Prioritaskan Distribusi Logistik dan Evakuasi 52.527 Pengungsi Banjir Karawang - Jabar

Berdasarkan pemetaan pihaknya, mayoritas usia tanam padi yang terdampak banjir tahun ini di wilayahnya berkisar antara 30-60 hari.

Pihaknya menjelaskan bahwa Pemerintah daerah, akan mengantisipasi kerugian petani, melalui program bantuan pengadaan bibit, bagi mereka yang sawahnya terdampak banjir.

"Kita akan bantu pengadaan bibit sebanyak 11.000 ton untuk petani yang sawahnya terkena banjir melalui APBD Kabupaten Bekasi," katanya.

Baca Juga: 14.754 KK atau 52.527 Pengungsi Akibat Banjir Karawang - Jabar, BNPB: Prioritaskan Distribusi Logistik

Terkait hal tersebut, Pihaknya mengaku masih kekurangan stok bibit padi sebanyak 8.000 ton.

Halaman:

Editor: Ratri Ni'mah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X