Presiden Jokowi Resmikan Kereta Rel Listrik (KRL) Lintas Yogya-Solo, Waktu Tempuh Lebih Cepat

- 1 Maret 2021, 19:34 WIB
Potret Presiden Jokowi saat menjajal Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Jogja-Solo usai diresmikan /Setkab.go.id/

JURNAL PRESISI – Senin, 1 Maret 2021, Stasiun Besar Yogyakarta kedatangan tamu istimewa. Presiden Jokowi mengunjungi stasiun tersebut dalam rangka peresmian pengoperasian Kereta Rel Listrik (KR) lintas Yogja-Solo.

Dikutip dari setkab.go.id, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya dengan berjalannya KRL lintas Yogya-Solo ini.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini akan segera kita resmikan dan kita operasikan KRL Yogyakarta-Solo yang telah siap. Kita harapkan ini bisa membantu, baik mobilisasi orang maupun barang dari yogja ke Solo, Solo ke Yogya, dan juga bisa meningkatkan pariwisata dan ekonomi kita,” ucapnya.

Baca Juga: Kemendikbud Kembali Berikan Bantuan Kuota Internet, Begini Rinciannya

Menurut Presiden, kereta rel listrik ini adalah moda transportasi yang ramah lingkungan. Dan selanjutnya, ia meminta bahwa moda transportasi yang ramah lingkungan bisa digunakan pada masa mendatang.

“Saya kira moda transportasi di negara kita ke depan harus semuanya mengarah kepada kereta transportasi massal yang ramah lingkungan, juga kendaraan-kendaraan semuanya ke depan harus ramah lingkungan, yaitu listrik,” jelasnya.

Lebih lanjut Presiden menjabarkan, bahwa kereta ini akan lebih cepat dibanding moda transportasi dengan trayek yang sama sebelumnya, dengan Kereta Prambanan Ekspres (Prameks). Dari biaya operasional yang juga lebih hemat hingga 50 persen per penumpang per kilometernya, dan waktu tempuh lebih cepat sekitar 10 menit.

“Ini sebuah efisiensi yang sangat bagus sekali dan juga yang paling penting kereta ini, kereta listrik ini adalah ramah lingkungan,” ucapnya.

Baca Juga: Film The Gentlemen Dituding Rasis, Golding: Itu Kenyataannya

Presiden Jokowi hadir meresmikan KRL Lintas Yogya-Solo ini didampingi dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Darerah Istimewa Yogjakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X