Kemen PANRB Tetapkan 1,3 Juta Formasi ASN Tahun 2021, Berikut Alokasinya

- 2 Maret 2021, 05:51 WIB
Tangkapan layar Kemen PANRB, Tjahjo Kumolo mengapresiasi Komitmen Pembangunan Zona Integritas di Kemenkumham /youtube.com/Kementrian PANRB

JURNAL PRESISI - Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPANRB) pada tahun 2021 menetapkan jumlah formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) total 1,3 juta orang dan bisa berubah dalam kondisi darurat.

"Pemerintah sudah menentukan kebutuhan ASN secara total pada tahun 2021. Jika tidak ada kebijakan lain yang bersifat darurat, (kebutuhan) sejumlah sekitar 1,3 juta orang," kata Tjahjo Kumolo seperti dilansir dari Antara, Senin 1 Maret 2021.

Dari total formasi 1,3 juta ASN itu, pemerintah mengalokasikan kuota sebanyak 1 juta bagi guru pegawai pemerintah dengan perkanjian kerja (PPPK), kemudian sebanyak 189 ribu dialokasikan untuk pemerintah daerah dan sebanyak 83 ribu untuk instansi pemerintah pusat.

Baca Juga: Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid Kenang Sosok Artidjo Sebagai Sosok yang Berintegritas

Banyaknya jumlah alokasi guru sebagai upaya memenuhi kebutuhan guru yang kebanyakan selama ini menggunakan tenaga honorer.

"Program itu untuk menyelesaikan kekurangan tenaga guru yang selama ini diisi oleh tenaga honorer," imbuhnya.

Alokasi ini juga berdasarkan pada Program Satu Juta Guru PPPK, maka tenaga honorer sebelumnya harus telah terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di Kemendikbud.

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud MD Jelaskan Bahaya Pasal Karet dalam Politik

Kemudian, sebanyak 189 ribu formasi bagi pemerintah daerah ini diperuntukkan PPPK jabatan fungsional nonguru sebanyak 70 ribu dan CPNS pegawai teknis sebanyak 119 ribu.

Halaman:

Editor: Yudha

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X