Materi Khutbah Singkat 7 Menit Shalat Idul Fitri Di Rumah

- 21 Mei 2020, 05:34 WIB
Ilustrasi Idul Fitri

JURNAL PRESISI – Untuk menghindari meluasnya peneluaran virus corona ditengah wabah yang terjadi saat ini, Pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia telah menganjurkan umat Islam untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri dirumah saja.

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri berjamaah dirumah ini minimal diikuti oleh 4 orang, satu orang bertugas sebagai Khatib dan Imam, tiga orang lainnya sebagai makmum.

Tata cara Shalat Idul Fitri sama sebagaimana yang telah disyariatkan ya kni 2 Rakaat. Rakaat pertama dilakukan Takbiratul Ihram sebanyak 7 kali dan pada rakaat kedua takbir 5 kali. Setelah itu dilanjutkan dengan khutbah singkat.

Baca Juga: Fatwa MUI: Panduan Takbir dan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H

Berikut adalah contoh materi khutbah singkat 7 menit yang telah dirilis oleh Nahdlatul Ulama :   

KHUTBAH I

اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر، اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر، اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر. اللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلهِ كثيرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأصِيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ اللهُ أَكْبَرْ وَ للهِ اْلحَمْدُ اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّد وَ عَلَى أَلِ سَيِّدِنا مُحَمّدٍ أَمَّا بَعْدُ: فَيَاَيُّهَا اْلإخْوَانُ، أُوْصِيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ، قَالَ اللهُ تَعَالَى: أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ، يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. صَدَقَ اللهُ اْلعَظِيْمُ 

Saudaraku/ keluargaku yang dirahmati Allah.

Pada saat ini kita semua harus bersyukur bahwa bulan suci Ramadhan baru saja kita lalui bersama dengan baik meski suasana Ramadhan dan 1 Syawal 1441 H hari ini lain dari pada yang lain.

Kita semua memang sedang diuji oleh Allah dengan mewabahnya virus Corona yang sangat berbahaya sehingga banyak amal ibadah yang biasanya kita jalankan dengan berjamaah di masjid, seperti shalat lima waktu, shalat Jumat, shalat tarawih dan shalat Idul Fitri, tetapi dalam suasana seperti ini semua ibadah itu kita laksanakan di rumah sesuai dengan petunjuk dari para ulama dan pemerintah.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X