PBNU Umumkan Hari Raya Idul Fitri 1441 H Jatuh Pada Hari Minggu 24 Mei 2020

- 22 Mei 2020, 20:23 WIB
Ilustrasi rukyatul hilal. /ANTARA

JURNAL PRESISI – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengabarkan jika awal bulan syawal 1441 jatuh pada hari Minggu 24 Mei 2020.

Kabar ini disampaikan PBNU melalui Surat Edaran resminya yang sampai ke Redaksi Jurnal Presisi dengan nomor surat 3966/C.I.34/05/2020 tertanggal 22 Mei 2020, Perihal Ikhbar Pembertitahuan Hasil Rukyatul Hilal.

Surat tersebut ditanda tangani oleh KH.Miftachul Akhyar (Pj. Rais Aam), KH. Yahya Cholil Tsaquf (Katib Aam), Prof.Dr.KH.Said Aqil Siraj (Ketua Umum) dan DR.Ir.H.A.Helmy Faishal Zaini (Sekretaris Jenderal).

Baca Juga: Materi Khutbah Singkat 7 Menit Shalat Idul Fitri Di Rumah

Dalam surat ini dinyatakan jika Tim Rukyatul Hilal PBNU pada hari Jum’at 22 Mei 2020/ 29 Ramadhan 2020 telah melakukan rukyatul hilal di sejumlah lokasi rukyat yang telah ditentukan dengan hasil : HILAL TIDAK TERLIHAT.

Dengan demikian PBNU memberitahukan kepada seluruh warga NU dan umat Islam pada umumnya untuk menyempurnakan (Istikmal) puasa Ramadhan menjadi 30 Hari dan merayakan Idul Fitri pada hari Ahad 24 Mei.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

[IKHBAR] Dalam rangka penentuan awal bulan Syawwal 1441 H, Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada hari Jum’at, tanggal 22 Mei 2020 M/ 29 Ramadlan 1441 H telah melakukan rukyatul-hilal bil fi'li di sejumlah lokasi rukyat yang telah ditentukan dengan hasil : HILAL TIDAK TERLIHAT Atas dasar hasil rukyat tersebut dan sesuai dengan pendapat Al Madzahib Arba'ah, maka dengan ini Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengikhbarkan/memberitahukan bahwa: IBADAH PUASA RAMADLAN 1441 H ISTIKMAL 30 HARI DAN AWAL BULAN SYAWWAL 1441 H JATUH PADA HARI AHAD, TANGGAL 24 MEI 2020 Kepada warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya, agar menyempurnakan ibadah puasa 30 hari dan berhari raya pada hari Ahad, tanggal 24 Mei 2020. Kami sampaikan selamat merayakan Idul Fitri 1441 H dengan penuh suka cita. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga ibadah puasa kita dan rangkaian ibadah lainnya selama bulan Ramadlan diterima Allah SWT dan semoga pula amaliya Ramadlan bisa berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. Follow: Instagram @nahdlatululama Twitter @nahdlatululama Youtube: NUTV • #NU #Kiai #Ulama #Nahdlatululama #IslamNusantara

A post shared by Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (@nahdlatululama) on

Sebelumnya, dilihat melalui tayangan live instagram dari akun resmi @nahdlatululama, nampak sejumlah Pengurus PBNU sedang melakukan pemantauan secara live dengan Tim Rukyatul Hilal yang disebar ke berbagai daerah.***

 

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X