Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1441H Jatuh Pada Hari Minggu 24 Mei 2020.

- 22 Mei 2020, 21:01 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi mengumumkan hasil sidang isbat di kantor Kementeria Agama, Jakarta, Jumat 22 Mei 2020. /PORTAL JEMBER/Dok. Kemenag

JURNAL PRESISI - Berdasarkan hasil Sidang Isbat yang diselenggarakan Kementerian Agama RI pada hari Jum’at 22 Mei 2020, Pemerintah telah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020

Pada Sidang Isbat kali ini Kemenag juga telah melaksanakan Rukyat 80 titik di Indonesia mulai dari provinsi Aceh hingga Papua.

Dikutip dari situs resmi Kemenag RI, Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan jika para petugas rukyat tersebut telah bekerja di bawah sumpah dan menyatakan tidak ada satupun yang berhasil melihat Hilal.

"Kita mendengar laporan dari sejumlah perukyah hilal bekerja di bawah sumpah, terdiri dari provinsi Aceh hingga Papua. Di 80 titik tersebut, tidak ada satu pun perukyah dapat melihat hilal," ujar Menag.

Baca Juga: PBNU Umumkan Hari Raya Idul Fitri 1441 H Jatuh Pada Hari Minggu 24 Mei 2020

Menurut Menag, Sidang Isbat menyepakati keputusan tersebut karena dua hal :

Pertama, setelah menenerima penjelasanTim Falakiyah Kemenag yang menyatakan bahwa tinggi hilal di seluruh Indonesia di bawah ufuk, yaitu berkisar dari minus 5,29 sampai dengan minus 3,96 derajat sehigga hilal tidak dimungkinkan untuk dilihat.
Kedua, pernyataan para perukyah yang diturunkan Kemenag tidak ada satu pun yang berhasil melihat Hilal.

 “Karena dua alasan tersebut, Sidang Isbat menyepakati untuk mengistikmalkan (menyempurnakan) bulan Ramadan menjadi 30 hari sehingga tanggal 1 Syawal 1441H jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020.” Tegas Menag Fachrul Razi.

 Berbeda dengan tahun sebelumnya, Sidang Isbat Awal Syawal 1441H ini hanya dihadiri secara fisik oleh Menteri Agama Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Ketua MUI KH Abdullah Jaidi, dan Direktur Jenderal Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Baca Juga: Materi Khutbah Singkat 7 Menit Shalat Idul Fitri Di Rumah

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: Kemenag


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X