Inilah Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Sesuai Tuntunan Sunnah

- 23 Mei 2020, 03:08 WIB
Ilusrasi grafis ucapan selamat lebaran dalam Bahasa Jawa. /bilikata.com

JURNAL PRESISI - Dalam setiap momentum Idul Fitri Umat muslim diseluruh dunia bersuka cita menyambut hari kemenangan setelah sebulan lamanya berpuasa.

Sebagai ungkapan atas kegembiraan itu banyak pertanyaan yang muncul di masyarakat bagaimana ucapan selamat Idul Fitri sesuai tuntunan Sunnah.

Dikutip dari kitab Fathul Bari karya Ibnu Hajar al-Asqalani beliau menjelaskan Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubai bin Nufair, ia berkata: “Jika Para sahabat Rasulullah saling bertemu di Hari Raya, saling mengucapkan : “Taqabbalallahu minnaa wa minkum” yang artinya : “semoga Allah menerima amal dari kami dan amal dari kalian”.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1441H Jatuh Pada Hari Minggu 24 Mei 2020.

Lantas bagaimana para sahabat menjawabnya ?

Mengutip dari kitab Sunan Al-Kubra Imam Baihaqi berkata : “Khalid bin Ma’dan berkata, aku berjumpa Watsilah bin Asqa’ pada hari Id, lalu aku berkata: ‘taqabballahu minna waminka’, ia (Watsilah) menjawab : na’am, taqabbalallahu minna waminka.

Dalam riwayat yang lain Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, ia berkata, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.” (HR Ad-Daruquthni dalam Ad Du’a)

Baca Juga: Khutbah Singkat 5 Menit Shalat Idul Fitri 1441 H Bersama Keluarga Di Rumah

Menjawab ucapan penghormatan atau doa dengan ucapan yang sepadan adalah perintah Allah yang disebutkan dalam Al-Qur’an Surah An Nisa Ayat 86


وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X