Moeldoko Salurkan Bantuan Robot 'Pembunuh' Virus Corona

- 28 Mei 2020, 23:21 WIB
Robot AUMR Pertama di Indonesia

JURNAL PRESISI - Robot AUMR hasil karya Yayasan Telkom yang diklaim dapat membunuh virus COVID-19 telah disalurkan oleh Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kamis 28/5/2020.

Keistimewaan Robot yang bernama lengkap Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) itu bisa dikendalikan dari jarak jauh melalui ponsel.

Robot AUMR tersebut mampu memancarkan sinar ultraviolet dari enam lampu yang terpasang.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Jatim Melonjak, Presiden Jokowi Perintahkan Jajarannya Mempercepat Penanganan

Dikutip dari Antara Moeldoko mengatakan robot buatan anak bangsa ini merupakan titik awal membangun sesuatu yang lebih besar di kemudian hari.

"Alat ini akan membantu para tenaga medis menghadapi tantangan yang luar biasa,” kata Moeldoko saat penyaluran bantuan robot di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Robot ini dibuat dengan 75 persen komponen merupakan produk lokal. Saya berharap keberadaan AUMR menjadi penyemangat munculnya manusia Indonesia unggul dalam membangkitkan inovasi bangsa," ujar Moeldoko.

Baca Juga: Bupati Azwar Anas Libatkan NU Bahas New Normal Tahlilan dan Pengajian

Ketua Dewan Pembina Yayasan Telkom Edi Witjara saat menyerahkan robot tersebut menyampaikan bantuan robot ini sebagai bentuk peran aktif Yayasan Telkom dalam penanganan COVID-19.

“Inilah inovasi yang dihasilkan lembaga pendidikan Telkom, kami terus berkreasi dan akan terus ditingkatkan,” kata Edi.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X